Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Solvabilitas Terhadap Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Logam dan Sejenisnya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Putu Tirta Sari Ningsih, Reni Febrianti, Muhammad Gusvarizon, Yohanes Bowo Widodo, Nadia Lutfiana Sari

Abstract


Penelitian ini menjelaskan mengenai Standar Akuntansi, Laporan Keuangan, Analisis Rasio, Pengauditan dan Opini Audit Going Concern. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar signifikansi dan pengaruh: 1) Likuiditas terhadap Opini Audit Going Concern, 2) Profitabilitas terhadap Opini Audit Going Concern, 3) Solvabilitas terhadap Opini Audit Going Concern, dan 4) Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Opini Audit Going Concern. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kausalitas, menggunakan perusahaan manufaktur sub sektor logam dan sejenisnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai objek penelitian. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 9 perusahaan logam yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Likuiditas berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern, hal ini ditunjukkan oleh koefisien regresi X1 sebesar 0,491 dan nilai signifikansi 0,078 yang lebih besar dari 0,05. 2) Profitabilitas tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Opini Audit Going Concern, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi X2 sebesar -45,987 dan nilai signifikansi 0,006 yang lebih kecil dari 0,05. 3) Solvabilitas berpengaruh dan signifikan terhadap Opini Audit Going Concern, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi X3 sebesar -0,676 dan nilai signifikansi 0,828 yang lebih besar dari 0,05 4) Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas berpengaruh secara simultan terhadap Opini Audit Going Concern, hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.


Full Text:

PDF

References


Agoes, Sukrisno. (2012). Auditing ( Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik) Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Ardiyos. (2010). Kamus Standar Akuntansi. Citra Harta Prima: Jakarta.

Arens, Alvin A. dan James K. Lobbecke. (2003). Auditing: Pendekatan Terpadu (Auditing an Integrated Approach). Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Baridwan, Zaki. (2010). Intermediate Accounting. Edisi Kedelapan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Boynton, C. W., Raymond N. Johnson, dan Walter G. Kell. (2003). Modern Auditing. Edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Harahap, S.S. (2007). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Institut Akuntan Publik Indonesia. (2011). Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

______, (2013). Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2011). Auditing. Buku Dua. Jakarta: Salemba Empat.

-----------. (2013). Auditing. Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Muttaqin, Ariffandita Nuri, Sudarsono. (2012). “Analisis Pengaruh Rasio Keuangan dan Faktor Non Keuangan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern”. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Pradika R.A. (2016). “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015)”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Ramadhany, A. (2004). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Opini Going Concern pada Perusahaan Manufaktur yang Mengalami Financial Distress di Bursa Efek Jakarta”. Tesis. Magister Akuntansi, Universitas Diponegoro. Semarang.

Setiawan, F. (2015). “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Opini Audit Going Concern”, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.

Sinurat, F.K. (2015). “Analisis Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, danReputasi Audit Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011- 2013)”. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. (2010). Financial Statement Analysis. Jakarta: Salemba Empat.

Sunyoto, Danang. (2014). Auditing (Pemeriksaan Akuntansi). Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-22. Bandung: Alfabeta.

Yulianti, A. (2011). ”Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Audit Delay (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v3i1.883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Putu Tirta Sari Ningsih, Reni Febrianti, Mohammad Guzvarizon, Yohanes Bowo Widodo, Nadia Lutfiana Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats