Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Sewa Rumah Kontrakan (Studi Kasus Rumah Kontrakan Bp. H. Suherman Bulak Klender)

Fery Hernaningsih

Abstract


Abstrak

Lokasi rumah kontrakan dengan kemudahan akses dan jarak dari tempat kerja ke rumah kontrakan yang tidak jauh menjadi  pilihan lokasi  yang  tepat  untuk penyewa memilih rumah kontrakan. Di masa pandemi persaingan harga rumah masih cukup tinggi, sementara banyak perusahaan yang melakukan pemutusan kerja terhadap karyawannya, sehingga banyak orang terutama yang sudah berkeluarga memilih menunda untuk membeli rumah. Mengontrak rumah adalah salah satu pilihan yang paling sering dipilih untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan sewa Rumah Kontrakan, baik secara parsial maupun simultan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling atau sampling jenuh. Teknik sampling jenuh adalah untuk menentukan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Survei dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung pada calon penyewa rumah kontrakan dengan jumlah sampel 35 orang.. Hasil dari penelitian ini adalah lokasi berpengaruh menunjukan nilai yang positif dimana t hitung > t tabel (4,455 >2,03693) dan signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05), Harga berpengaruh terhadap keputusan sewa dimana t hitung > t tabel (2,226 > 2,03693) dan signifikan < 0,05 (0,033 < 0,05), Berdasarkan F hitung > F tabel (38,124 > 3,29) dan signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05), bahwa lokasi dan harga secara bersama sama berpengaruh terhadap keputusan sewa. Rekomendasi untuk penelitian ini yaitu memberikan informasi yang jelas dan update tentang lokasi dan kemudahan akses, menganalisis kebutuhan calon penyewa rumah kontrakan untuk memperkuat daya saing harga dan menjalin komunikasi yang baik sehingga tercipta kenyamanan tempat tinggal. 

 

Kata Kunci: Lokasi, Harga dan Keputusan Sewa 


Full Text:

PDF

References


Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Ke-4. CV Andi. Yogyakarta.

Ghozali, Imam, 2016, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Edisi Ke empat

Heizer, Jay danRender Barry. 2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan,Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P dan Armstrong, N. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran. edisi 12. jilid 1. terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan G Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Edisi Keduabelas. Dialihbahasakan oleh Bahasa Bob Sabran. Jakarta : Penerbit Erlangga

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta, hlm. 90

Sugiyono, 2017, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Swashta, Bayu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offet.

Swastha, Basu. 2002. Azas-Azas Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Pelayanan Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v3i1.848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fery Hernaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats