Pengaruh Strategi Marketing Mix dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Minimarket Alfamart di Gandaria Jakarta Selatan

Fery Herna Ningsih

Abstract


Strategi Marketing Mix merupakan kunci keberhasilan penyampaian produk kepada konsumen atau calon konsumennya. Citra Merek memberikan keyakinan kepada konsumen terhadap produk yang dibelinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan konsumen akan suatu produk akan menimbulkan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran dan Citra Merek terhadap loyalitas pelanggan , baik secara simultan maupun parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey teknik  korelasional. Analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana, korelasi parsial, korelasi ganda, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil uji hipotesis menyimpulkan: (a) terdapat hubungan positif antara X1 dengan Y sebesar () = 0,5223; persamaan regresi Ŷ = 38,72 + 0,63X1; kontribusi X1 terhadap Y sebesar 27,28%, (b) terdapat hubungan positif antara X2 dengan Y sebesar () = 0,4471; persamaan regresi Ŷ = 53,84 + 0,47X2; kontribusi X2 terhadap Y sebesar 19,99%, (c) terdapat hubungan positif antara X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 0,5730; persamaan regresi Ŷ= 25,85 + 0,481X1 + 0,275X2; kontribusi X1, dan X2 terhadap Y sebesar 32,83%, artinya bahwa 32,83% variabel bauran pemasaran dan citra merek memberi sumbangan (kontribusi) terhadap loyalitas pelanggan, sedang sisanya 67,17 % dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan penelitian ini dasarankan (1) Peningkatan Strategi Marketing Mix yaitu digital marketing. Dengan digital marketing pesan yang disampaikan cepat sehingga menimbulkan pembelian berulang dan menambah konsumen baru. (2) Memiliki identitas pembeda dan karakter yang unik untuk menunjukkan kosistensi perusahaan. (3) Meneruskan konsistensi perusahaan dengan cara mempertahankan kualitas produk, mempertahankan karakter brand, mempertahankan hubungan baik dengan konsumen dan berbagai aspek lainnya.

Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, Brand Image dan Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Fandy Tjiptono, 2014; Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta, hlm. 41.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009; Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas, Jilid 1, Erlangga, Jakarta, hlm 260.

Lupiyoadi. 2016; Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Tiga, Salemba Empat, Jakarta, hlm. 92.

Nanda, Cendy, 2015; Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalita Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus pada PT. Winstar Partical Product di Menganti – Gresik ), Gresik.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta, hlm. 90




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v2i2.594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fery Herna ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats