Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT. Fuji Dharma Electric Jakarta

Ahmad Rojikun

Abstract


Komunikasi didalam organisasi adalah hal yang mengikat pada kesatuan organisasi. Salah satu tantangan terbesar dalam komunikasi organisasi adalah bagaimana menyampaikan informasi ke seluruh bagian organisasi dan bagaimana menerima informasi dari seluruh bagian organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam bagaimana Peran  Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan  Kinerja Karyawan di PT. Fuji Dharma Electric Jakarta.Bilamana Informasi yang tersampaikan sesuai dengan kebutuhan, maka komunikasi yang dijalankan efektif akan secara otomatis menghasilkan suatu kinerja karyawan yang baik didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode  kualitatif fenomenologi adalah jenis penelitian yang berorientasi pada hasil filsafat. Filsafat yang dimaksud adalah upaya peneliti menggali informasi dengan cara mencari arti, makna secara esensinya, dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam teknik wawancara   merupakan pembicaraan yang mempunyai tujuan dan didahului beberapa pertanyaan informal. Wawancara pada penelitian kualitatif merupakan pembicaraan yang mempunyai tujuan dan didahului beberapa pertanyaan informal.Sedangkan informan dipilih berdasarkan purposive sampling. Analisis data yang diperoleh menggunakan model Miles dan Huberman, dan keabsahan data diuji menggunakan triangulasi data/sumber. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komunikasi organisasi di PT.Fuji Dharma Electric telah efektif dilihat dalam indikator fungsi komunikasi organisasi sehingga berdampak pada kinerja karyawan yang baik/optimal.

Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, John W. 2010. Edisi ke 3. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hamidi. 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi : Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.

Jumroni, Suhaimi. 2006. Metode-metode Penelitian Komunikasi : Ciputat, UIN Press.

Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. 1998. Komunikasi Organisasi. Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung : Remaja Rosda Karya

Rakhmat, Jalalludin, 2007, Metode Penelitian Komunikasi,PT Remadja Rosda Karya, Bandung

Riduwan, 2008, Dasar-Dasar Statistika, Alfabeta Bandung.

Sopiah.2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta : Andi Offset.

Siagian. P Sondang. 2009. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta : Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v2i2.571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ahmad rojikun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats