Analisis Pengakuan, Pengukuran, Penyusutan, Penilaian dan Pelaporan Aktiva Peralatan Menurut PSAK No. 16 Pada PT. Indah Nugraha Bakti

Putu Tirta Sari Ningsih, Siti Nur Utami

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mencari data primer, melalui wawancara terhadap responden (Direktur) dan dokumentasi aktiva peralatan PT. Indah Nugraha Bakti. Hasil penelitian menyarankan bahwa sebaiknya ada pengakuan, pengukuran, penyusutan, penilaian dan pelaporan aktiva peralatan yang tepat agar kondisi aktiva peralatan dapat beroperasi dengan lancar.  PT. Indah Nugraha Bakti dalam melakukan pengakuan, pengukuran, penyusutan, penilaian dan pelaporan terhadap aktiva peralatan berpedoman pada Kebijakan Akuntansi yang pada prinsipnya sudah mendekati Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 16.  Dalam hal penyajian dan pengungkapan aktiva peralatan dalam Laporan Keuangan, secara umum tidak menyimpang dari pola yang terdapat pada Standar Akuntansi Keuangan.  Pengendalian internal yang diterapkan pada PT. Indah Nugraha Bakti belum berjalan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari lingkungan pengendalian, tidak adanya komite audit yang mengakibatkan kurangnya pengawasan. Perlu ada pembenahan didalam struktur oraganisasi PT. Indah Nugraha Bakti, antara fungsi accounting dan finance, perlu ada pemisahan tugas dan tanggung jawab. Fungsi accounting dan finance seharusnya tidak dikerjakan oleh satu orang. Perlu adanya komite audit untuk melakukan pengawasan terhadap aktivitas PT. Indah Nugraha Bakti.

Kata Kunci: Aktiva peralatan, Pengakuan, Pengukuran, Penyusutan, Penilaian .


Keywords


Equipment assets; Recognition; Measurement; Depreciation; Valuation

Full Text:

PDF

References


Agus Ismawati, Catur. 2011. “Perlakuan Akuntansi Aktiva Tetap Berwujud dan Penyajiannya dalam Laporan Keuangan pada CV. Bahana Karya Gresik”, Dalam Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, Surabaya,

Budiman, Erwin, Inggriani Elim. 2014. “Analisis Pengendalian Intern Aset Tetap pada PT. Hasjrat Multifinance Cabang Manado”, Dalam Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado, Manado.

Dariah Fika. 2010. “Analisis Perlakuan Akuntansi Aset Tetap Berwujud dan Pengaruhnya terhadap Laporan Keuangan pada PT. PBM Kamiri Sejati Palembang”, Dalam Skripsi, Dariah Fika, Palembang.

Dina Puji, Rahayu. 2014. “Penilaian Aktiva Tetap dalam rangka Penghematan Pajak pada CV. X”, Dalam Skripsi, Rahayu Dina Puji, Bandung.

Fadillah, Nur. 2010. “Perlakuan Akuntansi Aktiva Tetap dan Hubungannya terhadap Kewajaran Penyusutan Laporan Keuangan pada CV. Bayu Cahaya Abadi Surabaya”, Dalam Skripsi, Fakultas Ekonomi Akuntansi Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Fitrah Mustamin. 2013. “Analisis Pengakuan, Pengukuran dan Pelaporan Aktiva Tetap dengan Bidang Keuangan PT. Hasjrat Abadi Cabang Manado”, Dalam Jurnal, Fitrah Mustamin Manado. Manado.

Juan, Ng Eng, Ersa Tri Wahyuni. 2015. Edisi 2, “Standar Akuntansi Keuangan”, Salemba Empat, Jakarta,

Maharani, Rifrinda. 2014. “Penerapan Akuntansi Aset Tetap Berdasarkan PSAK No. 16 pada PT. Pertama Mina Sutra Perkasa”, Dalam Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, Jember.

Muljono, Djoko. 2015.Perbankan dan Lembaga Keuangan Syariah, Andi, Yogyakarta.

Mulyadi. 2001. Edisi 3, Akuntansi Manajemen, Salemba Empat, Jakarta,

Pahlepi, Reza. “Penerapan Akuntansi Aset Tetap menurut PSAK No. 16 pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta”, Dalam Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Rudianto. 2012. Akuntansi Manajemen: Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen, Grasindo, Jakarta.

Sukrisno, Agoes. 2013. Edisi 4, Auditing, Salemba Empat, Jakarta.

Sukrisno, Agoes dan Estralita, Trisnawati. 2014. Edisi 3, Akuntansi Perpajakan, Salemba Empat, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v2i1.489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Putu Tirta Sari Ningsih, Siti Nur Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats