Pengaruh Return on Asset dan Dividen Payout Ratio terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di PT Bursa Efek Indonesia

Anggi Fadilah, Reni Febrianti

Abstract


Perusahaan merupakan tempat berkumpulnya para tenaga kerja, modal, sumber daya alam, serta kewirausahaan yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba yang sebesar besarnya. Setiap perusahaan juga menginginkan adanya suatu perkembangan yang lebih baik dari periode sebelumnya untuk meningkatkan nilai perusahaannya. Berkembangnya sebuah perusahaan sangat berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Return on Asset dan dividen payout ratio terhadap nilai perusahan, dengan data sampel perusahaan sektor makanan dan minuman yang tercantum di PT Bursa Efek Indonesia yang dihitung menggunakan metode statistik yang diproses dengan program SPSS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dengan sumber data sekunder yang tercantum di PT Bursa Efek Indonesia dengan 72 populasi perusahaan dan mengambil 10 sampel untuk di jadikan bahan penelitian. Adapun variabel yang dihubungkan dalam penelitian ini adalah variabel return on asset (X1), dividen payout ratio (X2), dan nilai perusahaan (Y). Kesimpulan yang didapatkan sebagai berikut: Return on asset berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini dapat di buktikan bahwa nilai sig pada variabel return on asset (X1) sebesar 0.00 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0.00< 0.05). Dividen payout ratio tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini telah di buktikan bahwa nilai sig pada variabel dividen payout ratio (X2) sebesar 0.808, dimana nilai tersebut lebih besar dari 0.05 (0.808 > 0.05). Return on asset dan dividen payout ratio secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Uji statistik untuk variabel Return on asset dan dividen payout ratio pada uji F sebesar (0,000< 0,05).


Full Text:

PDF

References


Abdullah, T., (2017). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Depok.

Adineh, M (2023). Exploring and Evaluating Alternative Models for Cross-Selling Recommendations., essay.utwente.nl, http://essay.utwente.nl/96549/1/Adineh_MA_%20EEMCS.pdf

Agus, O., (2018). Mampu Meningkatkan Penjualan, Cross Selling, Up Selling, dan Bundling. Distribusipemasaran.com.

Basten, C, & Juelsrud, R (2022). Cross-Selling in Bank-Household Relationships: Mechanisms and Implications for Pricing. Swiss Finance Institute Research Paper, papers.ssrn.com, https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4204984

Bauer, C, Spangenberg, K, Spangenberg, ER, & ... (2022). Collect them all! Increasing product category cross-selling using the incompleteness effect. Journal of the Academy …, Springer, https://doi.org/10.1007/s11747-021-00835-6

Chen, J, Feng, X, Kou, G, & Mu, M (2023). Multiproduct newsvendor with cross-selling and narrow-bracketing behavior using data mining methods. … Part E: Logistics and Transportation Review, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1366554522003623

Ghoshal, A, Mookerjee, VS, & Sarkar, S (2021). Recommendations and cross-selling: Pricing strategies when personalizing firms cross-sell. Journal of Management …, Taylor &Francis, https://doi.org/10.1080/07421222.2021.1912930

Kalkan, IE, & Şahin, C (2023). Evaluating cross-selling opportunities with recurrent neural networks on retail marketing. Neural Computing and Applications, Springer, https://doi.org/10.1007/s00521-022-08019-1

Kotler, P., Armstrong, G., (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Terjemahan Bob Sebran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., Keller, K. L., (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Lee, M, Cho, J, Kim, Y, & Kim, HJ (2023). Impact of movie-watching on cross-selling revenue in shopping malls: Implications for post-pandemic recovery. Journal of Retailing and Consumer Services, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0969698923000978

Nurdin, I., Hartati, S., (2019). Metodologi Penelitian sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Rundengan, M. G. (2019). Pengaruh Bauran Promosi, Sales Cycle, Keunggulan Bersaing, Relationship Merketing, Cross Selling, Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Asuransi Jiwa Pada PT. Asuransi Jiwa Brilife Kantor Wilayah Manado. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 7(1–16).

Shela, M. A., Arimbawa, I. G. (2019). The Influence of Cash Pick Up, Promotion and Cross-selling to Trust and Saving Decision. Journal of World Conference (JWC), 1(1), 194–200. https://doi.org/10.29138/prd.v1i1.57

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Vatavwala, S, Kumar, B, & Sharma, A (2023). Enhancing Upselling and Cross-Selling in Business-to-Business Markets: The Critical Need to Integrate Customer Service and Sales Functions. … Centric Support Services in the Digital …, Springer, https://doi.org/10.1007/978-3-031-37097-7_9

Zhang, L, Priestley, J, DeMaio, J, Ni, S, & Tian, X (2021). Measuring customer similarity and identifying cross-selling products by community detection. Big data, liebertpub.com, https://doi.org/10.1089/big.2020.0044




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v5i1.2132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anggi Fadilah, Reni Febrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats