Strategi Cross Selling dan Lokasi Strategis dalam Meningkatkan Penjualan Produk McDonald’s di Pondok Bambu Jakarta Timur

Fery Hernaningsih, Agustinus Yanuar Budhi Heriyanto

Abstract


Strategi marketing cross selling digunakan untuk mendorong konsumen membeli lebih banyak produk dari merek yang sama. Dengan menawarkan menu combo, McDonald’s mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak produk makanan dan minuman dalam satu transaksi sehingga meningkatkan penjualan. Lokasi strategis restoran Mc Donald’s yang terletak di Jalan Pahlawan Revolusi Pondok Bambu Jakarta Timur, dekat dengan perumahan, pusat perbelanjaan dan jalan raya sehingga banyak masyarakat sekitar yang mampir ke Restoran McDonald's. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang membeli menu combo Mc Donald’s sebanyak 150 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin maka didapat sampel sebanyak 110 orang yang membeli menu combo Mc Donald’S di Restoran Mc Donald’S Pondok Bambu Jakarta Timur. Hasil dari penelitian ini adalah uji t pada variabel cross-selling (X1) terhadap variabel penjualan (Y) memiliki hasil nilai signifikan 0,041 < 0,05 dan thitung 2,068 > 1,982 ttabel. Maka strategi cross Selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan. Variabel lokasi strategis (X2) terhadap variabel penjualan (Y) memiliki hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan thitung 6,247 > 1,982 ttabel. Maka lokasi strategis berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan. Uji F didapatkan hasil bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 34,015 > 3,08 Ftabel, menyatakan bahwa strategi cross-selling dan lokasi strategis secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan. Rekomendasi untuk penelitian ini adalah menjaga loyalitas pelanggan yaitu memberikan pelayanan dan kualitas produk atau layanan bisnis yang terbaik.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, T., (2017). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Depok.

Adineh, M (2023). Exploring and Evaluating Alternative Models for Cross-Selling Recommendations., essay.utwente.nl, http://essay.utwente.nl/96549/1/Adineh_MA_%20EEMCS.pdf

Agus, O., (2018). Mampu Meningkatkan Penjualan, Cross Selling, Up Selling, dan Bundling. Distribusipemasaran.com.

Basten, C, & Juelsrud, R (2022). Cross-Selling in Bank-Household Relationships: Mechanisms and Implications for Pricing. Swiss Finance Institute Research Paper, papers.ssrn.com, https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4204984

Bauer, C, Spangenberg, K, Spangenberg, ER, & ... (2022). Collect them all! Increasing product category cross-selling using the incompleteness effect. Journal of the Academy …, Springer, https://doi.org/10.1007/s11747-021-00835-6

Chen, J, Feng, X, Kou, G, & Mu, M (2023). Multiproduct newsvendor with cross-selling and narrow-bracketing behavior using data mining methods. … Part E: Logistics and Transportation Review, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1366554522003623

Ghoshal, A, Mookerjee, VS, & Sarkar, S (2021). Recommendations and cross-selling: Pricing strategies when personalizing firms cross-sell. Journal of Management …, Taylor &Francis, https://doi.org/10.1080/07421222.2021.1912930

Kalkan, IE, & Şahin, C (2023). Evaluating cross-selling opportunities with recurrent neural networks on retail marketing. Neural Computing and Applications, Springer, https://doi.org/10.1007/s00521-022-08019-1

Kotler, P., Armstrong, G., (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Terjemahan Bob Sebran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., Keller, K. L., (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Lee, M, Cho, J, Kim, Y, & Kim, HJ (2023). Impact of movie-watching on cross-selling revenue in shopping malls: Implications for post-pandemic recovery. Journal of Retailing and Consumer Services, Elsevier, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0969698923000978

Nurdin, I., Hartati, S., (2019). Metodologi Penelitian sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Rundengan, M. G. (2019). Pengaruh Bauran Promosi, Sales Cycle, Keunggulan Bersaing, Relationship Merketing, Cross Selling, Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Asuransi Jiwa Pada PT. Asuransi Jiwa Brilife Kantor Wilayah Manado. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 7(1–16).

Shela, M. A., Arimbawa, I. G. (2019). The Influence of Cash Pick Up, Promotion and Cross-selling to Trust and Saving Decision. Journal of World Conference (JWC), 1(1), 194–200. https://doi.org/10.29138/prd.v1i1.57

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Vatavwala, S, Kumar, B, & Sharma, A (2023). Enhancing Upselling and Cross-Selling in Business-to-Business Markets: The Critical Need to Integrate Customer Service and Sales Functions. … Centric Support Services in the Digital …, Springer, https://doi.org/10.1007/978-3-031-37097-7_9

Zhang, L, Priestley, J, DeMaio, J, Ni, S, & Tian, X (2021). Measuring customer similarity and identifying cross-selling products by community detection. Big data, liebertpub.com, https://doi.org/10.1089/big.2020.0044




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v5i1.2122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fery Hernaningsih, Agustinus Yanuar Budhi Heriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats