Penerapan Model Triple Helix Bagi Pengembangan UMKM Halal Food Indonesia

Danarti Hariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk dapat mengetahui penerapan model triple helix dalam pengembangan industri makanan halal Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berupa kajian pustaka. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari literatur, jurnal, karya ilmiah, laporan BPS dan beberapa Lembaga survey serta data-data terbaru yang berhubungan dengan tujuan penelitian. Dalam pengembangan UMKM Halal food terdapat berbagai macam permasalahan antara lain: permasalahan modal, permasalahan dalam sertifikasi halal, permasalahan sumber daya manusia, inovasi produk, teknologi, pengawasan, promosi, digitalisasi dan sinergi antar pihak yang terkait. Dalam pengembangan UMKM membutuhkan konsep Triple Helix untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengembangan UMKM Halal food dengan menerapkan model triple helix merupakan sinergi dan kerjasama antara pemerintah, akademisi dan bisnis dalam menjalankan perannya masing-masing. Peran dari pemerintah sebagai regulator yang membuat kebijakan serta fasilitator yang berperan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selain itu ada peran akademisi atau perguruan tinggi sebagai komunitas intelektual yang berperan sebagai gudang gagasan / ide kreatif, melakukan penelitian dengan data yang up to date mengenai model pengembangan industri halal food, serta menyediakan teknologi tepat guna bagi para pelaku usaha serta melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat melalui kegiatan pendampingan dan bimbingan teknis para pelaku usaha halal food dalam mengembangkan usahanya. Selanjutnya bisnis atau industry halal food berperan sebagai centre of excellence bagi pengembangan produk, Bussines coaching dan mentoring serta marketing, penyediaan ruang public untuk promosi melalui even, festival maupun digital marketing menuju UMKM Go-digital.


Full Text:

PDF

References


Ali, M., (2016). Konsep Makanan Halal dalam Tinjauan Syahriah dan Tanggung Jawab Produk atas Produsen Industri Halal. Jurnal Ahkam: Vol. XVI, No. 2.

Anonim, (2023). Master Indonesia Industri Halal 2023-2029. Kementrian PPN/Bappenas. KNEKS.

Fathoni, M. A., Syahputri. T., H., (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(03), 428-435.

Fitri, Y. Y., Fasa, M. I., Suharto. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Laju Perkembangan Industri Produk Makanan dan Minuman Halal. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika. Vol. 15, No. 01.

Hariani, D., (2023). Potensi dan Strategi Pengembangan UMKM Halal di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi MH Thamrin. Volume 4 No 1.

Hisham, A., Muntaha, M., Waluyo, Rohmat (2020). The Potential of Halal Food as A Driver of the Economic Development in Regional Community. Jurnal Pariwisat Terapan. Volume 4 no 2.

Madjid. S. S., (2022). Analisis Peluang, Tantangan dan Strategi Industri Halal di Indonesia (Pada Masa Pandemi Covid 19). URNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer Volume 13, No. 1.

Murniati, D. E., (2017). Peran Perguruan Tinggi Dalam Triple Helix sebagai upaya Pengembangan industri, Fakultas Teknik Jurusan PTTB, UNY, 21 November, Proceeding Seminar Nasional ‘Peran Pendidikan Kejuruan Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif’, Yogyakarta.

Oknaryana, Kurniawati, T., Wulandari. D. P., Marwan. (2023). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan Metode Triple Helix untuk Mendukung Program Revitalisasi Save Maninjau. Jurnal Ecogen Universitas Negeri Padang. Vol. 6 No. 4. Page 566-575.

Peristiwo. H., (2019). Indonesia Halal Food Industry: Development, Opportunities and Challenge on Halal Suplay Chain. Journal of Islamic Studies and Humanities Vol. 4, No. 2, 218-245.

Prayuda, D., Arby, S., Adli, I., Al-Ayub, S., (2023) Halal Industry: Opportunity And Challenge In The Global. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, p-ISSN: 2087-2178, e-ISSN: 2579-6453 Vol. 14 No. 2.

Purnama. I. N., (2023). Prosiding Seminar Nasional Komunikasi Administrasi Negara dan Hukum. Volume 1 Tahun 2023 hlm. 125-132.

Rahdhiwiyasa, P., (2021), Peran KNEKS dalam Mendorong Pengembangan UMKM Halal, INSIGHT, Islamic Economy Buletin Edisi Ketigabelas, Desember 2021.

Salam, D. Q. A., Ahmad Makhtum, A., (2022). Implementasi Jaminan Produk Halal melalui Sertifikasi Halal pada Produk Makanan dan Minuman UMKM di Kabupaten Sampang. awwam: The Leader’s Writing Vol. 3, No. 1, Juni 2022.

Waharini, F. M., Purwantini, A. H., (2018). Model Pengembangan Industri Halal Food di Indonesia. Jurnal Muqtasid, 9(1) 2018: 1-12.

Widianingsih, D., Ashliah. (2022). Model Pengembangan Industri Halal Food UMKM di Jombang. JIES: Journal of Islamic Economics Studies Volume 3 Nomor 2, Juni 2022.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v5i1.2120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 danarti hariani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats