Keunggulan Bersaing yang memediasi Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM

Syamsudin Syamsudin, Helmut Martahi Saoloan, Irwin Sukrisno S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pemasaran dengan fokus pada orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan, serta mempertimbangkan keunggulan kompetitif sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probabilitas sampling, dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Karena jumlah pasti anggota populasi tidak diketahui, maka besar sampel dihitung menggunakan rumus Cochran dengan jumlah sampel 100 responden. Keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap konstruk kinerja perusahaan, orientasi pasar berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, orientasi pasar signifikan meningkatkan komitmen terhadap kinerja pemasaran. Hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran dimediasi oleh keunggulan kompetitif yang signifikan. Hal ini menyiratkan bahwa, meskipun keunggulan kompetitif berfungsi sebagai kontrol parsial yang berguna untuk memahami hubungan antar variabel, terdapat hubungan langsung antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran. Keunggulan kompetitif berfungsi sebagai kontrol parsial dalam hubungan antara orientasi pasar dan kinerja pemasaran. R-Square yang disesuaikan dengan kinerja pemasaran adalah 0,804. Terbukti 80,4% perbedaan keunggulan bersaing mungkin disebabkan oleh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan. Orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara bersama-sama dapat menjelaskan 72,9% varian keunggulan bersaing, menurut R-Square yang dimodifikasi untuk keunggulan bersaing sebesar 0,729. Hasil tersebut menunjukkan bahwa konstruk dependen mempunyai nilai lebih dari 0,10 yang menunjukkan kualitas baik. Nilai Q2 berada pada kisaran 0,8343 atau 83,43% yang berarti lebih tinggi dari nol. Untuk menunjukkan bahwa kinerja pemasaran dipengaruhi secara signifikan oleh variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing minimal sebesar 83,43% dan variabel tambahan di luar model penelitian juga mempunyai pengaruh.


Full Text:

PDF

References


Agtovia Frimayasa, Setiyo Purwanto, D. H. P. (2023). Statistik Berbasis Komputer. Omera Pustaka.

Agus, W., Suhartanto, E., & Winarto, V. (2011). Prasetiya mulya edc on entrepreneurship education (Vol. 1). Prasetiya Mulya.

Devara, KS, & Sulistyawati, E (2019). Peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran., download.garuda.kemdikbud.go.id, http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1370740&val=989&title=PERAN%20INOVASI%20PRODUK%20DALAM%20MEMEDIASI%20PENGARUH%20ORIENTASI%20PASAR%20TERHADAP%20KINERJA%20PEMASARAN

Elwisam, E, & Lestari, R (2019). Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) …, core.ac.uk, https://core.ac.uk/download/pdf/235155695.pdf

Fayolle, A. (2007). Entrepreneurship and new value creation: the dynamic of the entrepreneurial process. Cambridge university press.

Frimayasa, A., & Lawu, S. H. (2020). Pengaruh komitmen organisasi dan human capital terhadap kinerja pada karyawan pt. Frisian flag. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 9(1).

Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks.

Mani, J (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, jurnalmandiri.com, http://jurnalmandiri.com/index.php/mandiri/article/view/43

Musrifah, M., & Murwatiningsih, M. (2017). Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Management Analysis Journal, 6(4), 495–505.

Nofrizal, N (2021). Pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pengrajin rotan Pekanbaru. Journal of Business and Banking, repository.unilak.ac.id, https://repository.unilak.ac.id/1690/

Nuryati, S., Frimayasa, A., & Arief, Z. (2024). The Influence Of Market Orientation And Innovation On Business Performance In MSMEes Through Competitive Advantage. Jurnal Scientia, 13(01), 59–68.

Salim, U., Thoyib, A., & Rahayu, M. (2012). Orientasi Pasar, Moderasi Dinamika Lingkungan pada Efek Strategi Bersaing terhadap Kinerja (Studi pada Industri Kecil Menengah Tenun di Sulawesi Tenggara). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(3), 459–471.

Sumiati, S. (2015). Pengaruh Strategi Orientasi Wirausaha dan Orientasi Pasar Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan UMKM di Kota Surabaya. JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 2(01).

Supranoto, M. (2009). Strategi menciptakan keunggulan Bersaing produk melalui orientasi pasar, Inovasi, dan orientasi kewirausahaan Dalam rangka meningkatkan kinerja Pemasaran (Studi empiris pada: Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di kota Semarang). Universitas Diponegoro.

Risnawati dan Noermijati. (2008). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Organisasi Koperasi : Orientasi Pasar sebagai Variabel Intervening (Studi pada Koperasi Primer di kota Palu, Sulawesi Tengah) dalam Jurnal Aplikasi Manajemen Vol 9. No.3.

Porter, Michael E., 2002, Strategi Bersaing Teknis Menganalisis Industri dan Pesaing, Penerbit Erlangga, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i2.2010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syamsudin Syamsudin, Helmut Martahi Saoloan, Irwin Sukrisno S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats