Kinerja Karyawan yang dipengaruhi oleh Kepuasan Kerja dan Self-Efficacy Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening

Isyana Emita, Eneng Iviq Hairo Rahayu, Henny Armaniah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja karyawan dengan fokus pada kepuasan kerja dan Self-Efficacy, serta mempertimbangkan komitmen organisasi sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui survei terhadap 100 karyawan PT Frisian Flag. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Probability Sampling yakni simple random sampling. Simple Random Sampling adalah pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja mempunyai pengaruh terhadap komitmen organisasi. Komitmen organisasi mempunyai pengaruh terhadap kinerja pegawai. Efikasi diri tidak mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan. Efikasi diri tidak mempunyai pengaruh terhadap konstruk kinerja karyawan. Efikasi diri mempunyai pengaruh terhadap konstruk komitmen organisasi. Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh komitmen organisasi. Komitmen organisasi berperan sebagai kontrol parsial, artinya untuk mengetahui hubungan antar variabel terdapat hubungan langsung seperti kepuasan kerja dengan kinerja karyawan. Efikasi diri berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh komitmen organisasi. bahwa komitmen organisasi merupakan kontrol parsial terhadap hubungan Self-Efficacy dengan kinerja pegawai. Pengukuran ini memberikan nilai Q2 sebesar 0,9885 atau 98,85% yang menunjukkan bahwa nilai tersebut lebih besar dari nol. Jadi membuktikan bahwa kinerja karyawan secara keseluruhan dipengaruhi oleh variabel kepuasan kerja, Self-Efficacy, dan komitmen organisasi sebesar 98,85% dan sisanya oleh variabel lain di luar model penelitian.


Full Text:

PDF

References


Arta, DNC, Leuhery, F, Abubakar, H, Yusuf, M, & ... (2023). Literature Review: Analisis Hubungan Antara Pelatihan dan Kinerja Karyawan di Sebuah Perusahaan. Management Studies …, yrpipku.com, https://www.yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/1242

Flippo, E. B. (2020). Manajemen Personalia. Erlangga.

Fred Luthans. (2014). Perilaku Organisasi ( dkk) Alih Bahasa V.A Yuwono (ed.); Edisi Baha).

Frimayasa, A., & Lawu, S. H. (2020). Pengaruh komitmen organisasi dan human capital terhadap kinerja pada karyawan pt. Frisian flag. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 9(1).

Hasibuan, M. S. . (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (revisi). Bumi Aksara.

Lestari, P. (2013). Hubungan Antara Efikasi Diri (Self Efficacy) Dengan Komitmen Organisasi Pada Karyawan PT. Taspen (Persero) Jakarta. Doctoral Dissertation.

Mangkunegara, A. A. A. . (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan Cetakan Kedua. PT. Remaja Rosda karya Offside.

Parasa, R D Parashakti, D H Perkasa, A. F. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia (Optimalisasi Manajemen Kompensasi dan Upah. OMERA PUSTAKA.

Sari, A. E. . (2013). Hubungan Komitmen Organisasi dan Niat Berpindah Pekerjaan (Turnover Intention) Pada Karyawan Hotel di Kota Malang. Artikel Psikologi., 1(1).

Silaen, NR, Syamsuriansyah, S, Chairunnisah, R, & ... (2021). Kinerja Karyawan., repository.penerbitwidina.com, https://repository.penerbitwidina.com/id/publications/344479/kinerja-karyawan

Simanjuntak, M. F., & Frimayasa, A. (2023). Pengaruh Beban Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Global Arrow Jakarta. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 258–269.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Alfabeta.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Umar, H. (2005). Riset Sumber Daya Manusia. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Widodo, DS, & Yandi, A (2022). Model kinerja karyawan: kompetensi, kompensasi dan motivasi, (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Multidisplin, greenpub.org, https://greenpub.org/JIM/article/view/1

Yulan dan I. Bernarto. (2017). Pengaruh Self-Efficacy, Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Organisasi. DeReMa Jurnal Manajemen, 12(1).




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i2.1993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Isyana Emita, Eneng Iviq Hairo Rahayu, Henny Armaniah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats