Pengaruh Return On Asset, Current Ratio dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Shafa Laila Octavia, Reni Febrianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh return on asset, current ratio, dan firm size terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018 – 2022. Teknik purposive sampling digunakan dalam menentukan sampel pada penelitian sehingga mendapatkan 18 perusahaan. Data diperoleh dari data sekunder laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018 – 2022. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dengan proksi return on asset menunjukkan pengaruh positif tidak signifikan secara parsial terhadap nilai perusahaan, likuiditas dengan proksi current ratio menunjukkan pengaruh negatif signifikan secara parsial terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan (firm size) menunjukkan pengaruh positif tidak secara parsial terhadap nilai perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Agus Tri, Basuki. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews. Jakarta: Rajawali Pers.

Aida Meiyana, Mimin Nur Aisyah. (2019). “Pengaruh Kinerja Lingkungan, Biaya Lingkungan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening” Jurnal Nominal / Volume VIII Nomor 1.

Bayu Wulandari, Nici Tasya Edeline Hasibuan, Nico Geraldo Sianturi, Imelda Tri Ananta Ginting. (2020). “Pengaruh Likuiditas, Manajemen Aset, Perputaran Kas Dan Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan pada PerusahaanManufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Riset & Jurnal Akuntansi, Vol 4 No. 1.

Bella Giovana Putri, Siti Munfaqiroh. (2020). “Analisis Rasio Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan.” Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol. 17 No.1.

Brigham, E. F. dan J. F. Houston. (2016). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi 14. Buku 1: Terjemahan N. I. Sallama dan F. Kusumastuti. Salemba.

Carl S. Warren, James M Reeve, Philip E. Fees. (2014). Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia (Berbasis PSAK Terbaru) Edisi 25. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji, T dan H. M. Fakhruddin. (2012). Pasar Modal di Indonesia, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Dwi Kartika, Dian. (2022) Pengaruh Return On Aset (ROA), Current Ratio (CR), dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2016 – 2020. Jakarta: Universitas Mohammad Husni Thamrin.

Dyah Putri Lestari, Putu Sulastri. (2021). “Pengaruh Return On Aset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2019.” Dharma Ekonomi No. 53 / Th. XXVIII / April.

Ghozali, Imam dan Ratmono. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong. Jakarta: Salemba Empat.

Handono, Mardiyanto. (2009). Inti Sari Manajemen Keuangan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Herawati, Helmi. (2019). “Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan.” Jurnal Akuntansi Unihaz - JAZ Vol. 2 No. 1.

Idris Dalimunthe, Mohd. (2020). “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Di Universitas Medan Area.” Jurnal Mutiara Akuntansi Volume 5 No. 2.

Kieso, D., Weygandt, J., & Warfield, T. (2014). "Intermediate Accounting: IFRS." New Jersey: John Wiley & Sons.

Krisna Dwi Afrilia Hallauw, Dini Widyawati. (2021). “Pengaruh Intellectual Capital, Return On Assets, dan Current Ratio Terhadap Nilai Perusahaan” Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 2021.

Lasini, Tri. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Teknologi di BEI Periode 2019 – 2020. Jakarta: Universitas Islam Sultan Agung.

Najmudin. (2011). Manajemen Keuangan dan Akuntansi Syar’iyyah modern. Yogyakarta: Andi.

Ni Luh Gede Sri Fajaryani, Elly Suryani. (2018). “Struktur Modal, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan.” Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer Volume 10, No. 2, Hal 74-79.

Oka Reza Aditya, Welly Surjono. (2018). “Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan.” Jurnal Al Tamaddun Batam Vol. 1 No.1: 49-62.

Sri Mulyati, Ravika Permata Hati, Syafruddin, Yandra Rivaldo. (2018). “Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Pada PT. Kagaya Manufaktur Asia.” Jurnal SIKAP Vol. 2 No.1: 9-12.

Suci Azzahra, An. (2019). “Pengaruh Firm Size Dan Rasio Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Pertambangan.” JWEM STIE Mikroskil, Vol 9 No. 1, April.

Tri Lestari, Ambar. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi Yang Terdaftar Di BEI Periode 2017 – 2021. Jakarta: Internasional Banking School.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i2.1928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Shafa Laila Octavia, Reni Febrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats