Faktor Nilai Pelanggan (Customer Value) dan Unique Selling Point dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Customer Statisfaction) pada Produk Kopi Kenangan di Alfamart Bulak Klender

Fery Hernaningsih

Abstract


Nilai pelanggan (Customer Value) atau manfaat yang didapat setelah membandingkan antara harapan (expectation) dengan kinerja aktual (actual performance) suatu produk serta keumikan yang mempunyai nilai lebih dari produk lain merupakan faktor yang meningkatkan kepuasan pelanggan (Customer Statisfaction). Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis faktor nilai pelanggan (customer value) dan unique selling point dalam meningkatkan kepuasan pelanggan (customer statisfaction) pada produk Kopi Kenangan di Alfamart Bulak Klender. Metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli kopi kenangan di Alfamart Bulak Klender sejumlah 38 orang. Sampel dari penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa faktor nilai pelanggan (customer value) dan unique selling point secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (customer statisfaction) pada produk Kopi Kenangan di Alfamart Bulak Klender. Kopi kenangan rasanya mantap, masing-masing varian memberikan rasa yang enak yang meninggalkan kenangan yang baik bagi pelanggan. Keunikan botol yang praktis dan slogan “hanya untukmu” memudahkan pelanggan untuk selalu mengingat Kopi Kenangan.


Full Text:

PDF

References


Buchari, Alma. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Kotter, John P. (2014). Accelerate: Building Strategic Agility for a Faster-Moving World. New York: Free Press.

Kuntari, Bela Dwi, Srikandi Kumadji, dan Kadarisman Hidayat. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Bengkel PT. Astra Internasional Tbk-Daihatsu Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.36. No.1.

Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Mardikawati, Woro dan Naili Farida. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan, melalui Kepuasan Pelanggan pada Pelanggan Bus Efisiensi (Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 2. No. 1.

Ratih, Hurriyati. (2014). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Sembiring, Inka Janita, Suharyono, dan Andriani Kusumawati. 2014. Pengaruh 163 Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.15. No.1.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Bayumedia

Wijayanto, Kusuma. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Vol 17. No 1.

Zahra, K. G., & Lutfie, H. (2017). Pengaruh Customer Experience dan Customer Value Terhadap Customer Satisfaction (Satudi Cafe What's Up di Depok 2017). e-Proceeding of Applied Science, Volume 3, Nomor 2, 573.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i2.1876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fery Hernaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats