Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Belanja Daerah

Ependi Ependi, Putu Tirta Sari Ningsih, Muhammad Gusvarizon, Cindy Ayu Mahendrawati

Abstract


Penelitian ini membahas pengaruh pendapatan daerah terhadap belanja daerah. Adapun faktor-faktor pendapatan daerah yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK). Penelitian dilakukan terhadap 24 Kabupaten/Kota yang memenuhi syarat sampel di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapatkan dari Laporan Realisasi APBD tahun 2015 hingga 2017 yang seluruhnya menyampaikan laporan kepada situs Dirjen Perimbangan Keuangan Daerah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Alat analisis yang digunakan penelitian adalah regresi linier berganda dengan uji signifikan parameter simultan (f) dan parsial (t). Berdasarkan koefisien regresi dapat disimpulkan bahwa variable Dana Alokasi Umum (DAU) memiliki pengaruh yang paling besar terhadap Belanja Daerah dengan nilai koefisien (+) 1.676, diikuti variabel PAD dan DAK dengan nilai regresi berturut-turut sebesar (+)1,539 dan (+)0,408. Berdasarkan hasil uji simultan (uji F) didapatkan bahwa nilai signifikansi F sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini yaitu Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) berpengaruh secara bersama-sama atau simultan terhadap Belanja Daerah (BD). Hasil analisa koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel independen mampu memberikan kontribusi sebesar 97,8% sedangkan 2,2% dapat disumbangkan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Sukriy dan Halim Abdullah. (2009). Pengaruh Dana Alokasi Umum, (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Pemerintah Daerah: Studi Kasus Kabupaten / Kota di Jawa dan Bali. Yogyakarta. Hal 1140-1159. Akmenipa UPY.

Basuki. (2008). Pengelolaan Keuangan Daerah. Edisi 1. Yogyakarta: Kreasi

Darwanto dan Yulia Yustikasari. (2007). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, dan Dana Alokasi Umum terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal di Provinsi Jawa dan Bali. Jurnal Akuntansi Pemerintah Vol 4 No.2.

Edison, Henri. (2009). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah Di Kabupaten Toba Samosir. Tesis pada Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara (Dipublikasikan). Medan.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analis Multivariate program SPSS. Edisi 3. Semarang: Badan Penerbit Diponegoro

Halim, Abdul. (2005). Analisis Investasi. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Halim, Abdul. (2007). Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi 3. Yogyakarta: Salemba Empat.

Kurniawati, Fransisca Roosiana. (2010). Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) Dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Pemerintah Daerah Provinsi, Kota, Dan Kabupaten Di Indonesia. Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret (Dipublikasikan). Surakarta.

Lambut Kristanto Adventinus dan Budiarso Novi. (2013). Flypaper Effect Pada DAU dan PAD Terhadap Belanja Daerah Pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Accountability. Vol 2, No. 1.

Maimunah, Mutiara. (2006). Flypaper Effect pada Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Daerah pada Kabupaten / Kota di Pulau Sumatera. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.

Mardiasmo. (2005). Akuntansi Sektor Publik Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Prakosa, Bambang. (2004). Analisis Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Prediksi Belanja Daerah. Jurnal: JAAI Vol. 8 No. 2 Desember 2004. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Renyowijoyo, Muindro. (2013). Akuntansi Sektor Publik Organisasi Non Laba. Edisi 1. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Saptaningsih, Sumarmi. (2008). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Alokasi Belanja Daerah Kabupaten / Kota Di Provinsi D.I Yogyakarta Periode 2002 – 2007. Universitas PGRI Yogyakarta.

Sari, Noni Puspita dan Yahya Idhar. (2009). Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Langsung pada Pemerintahan / Kota di Propinsi Riau. Jurnal Akuntansi 42. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Soetjipto, R. Kery dan Sudikdiono. (2011). Akuntansi Pemerintahan RI: Reformasi Keuangan Negara. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sujarweni, V Wiratna. (2015). SPSS Untuk Penelitian. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Unun, Anggraeni Dian dan Yohanes. (2010). Analisis Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah. Semarang: Pustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Semarang. SOLUSI Vol 9, No.1.

UU RI. (1999). Undang-undang No. 22 Tahun 1999 tentang Pengembangan Otonomi Pada Daerah Kabupaten dan Kota Diselenggarakan Dengan Memperhatikan Prinsip-prinsip Demokrasi.

UU RI. (1999). Undang-undang No. 25 Tahun 1999 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

UU RI. (2004). Undang-undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

UU RI. (2004). Undang-undang No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintahan Pusat dan Daerah.

UU RI. (2005). Pasal 1 Butir 5 Peraturan Pemerintahan No. 58 Tahun 2005 tentang Keuangan Daerah.

Yuriko, Ferdian. (2013). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Dan Lain-Lain Pendapatan Yang Sah Terhadap Belanja Daerah. (Studi Empiris Pada Kabupaten Dan Kota di Sumatera Barat).

Data Keuangan Daerah, www.djpk.depkeu.go.id




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i2.1869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ependi Ependi, Putu Tirta Sari Ningsih, Muhammad Gusvarizon, Cindy Ayu Mahendrawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats