Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Response dengan Brand Equity Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT Renbo Motor Bangsa, Rawasari Jakarta Pusat)

Danarti Hariani, Faizal Kartubi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing terhadap customer response, mengetahui pengaruh Brand Equity terhadap Customer Response, mengetahui pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Equity terhadap customer response serta mengetahui pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Response dengan Brand Equity sebagai variabel Intervening dengan studi pada PT Renbo Motor Bangsa, Rawasari, Jakarta pusat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner kepada 70 followers Instagram PT Renbo dengan menggunakan teknik Puposive sampling berdasarkan kriteria yang ditentukan peneliti. Teknik Analisa yang digunakan yaitu uji instrumen, Uji regresi sederhana, Uji t dan Uji F serta analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel social media marketing berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap customer response berdasarkan hasil analisis uji t  dengan  nilai thitung > ttabel (1.816 > 0.235) dan nilai signifikasi adalah  0,74 > 0,05. Variabel brand equity berpengaruh positif dan signifikan  terhadap customer response berdasarkan uji t  dengan  nilai thitung > ttabel (4,049 > 0,235) dan nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05. Variabel sosial media marketing dan brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer response berdasarkan hasil uji analisis F dengan nilai Fhitung > Ftabel (30.677 > 3,13) dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Variabel brand equity mampu memediasi pengaruh sosial media marketing terhadap customer response berdasarkan analisis jalur menujukkan bahwa pengaruh tidak langsung (0,376) > pengaruh langsung (0,215) dan dari uji sobel diperoleh nilai thitung (2,744) > ttabel (0,235) sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh tidak langsung Sosial Media Marketing melalui Brand Equity signifikan terhadap custamer response.    


Full Text:

PDF

References


Ariawati, R., Agoes, S., & Supardi, D. (2016). Jurnal Riset Akuntansi. VIII(2). Activities on Brand Equity and Customer Response in the Airline Industry.

As’ad, & Rumman, A. (2014). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity : An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan. Integrative Business and Economics, 3(1), 315–326.

Aurinawati, D., & Rostika, R. (2018). Analisis Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Respone (Studi Kasus Homestay Ndalem Nakula di Daerah Istimewa Yogyakarta). 1–10. Concern, 6(7), 57–66.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2017.09.014

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen. BPFE Yogyakarta.

Jalilian, H., Abrahamid, Abdolhamid, Omid, & Mahmoudian. (2012). Impact of Electronic Advertising on Consumer Purchasing Intention Through Consumer-centric Brand Value Among Students. Journal of Business Management, 4(4).

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. The International Journal on Media Management.

Kholiq Nur Rmadhan, (2021) Pengaruh quality service, perceived quality terhadap brand equity dengan brand image sebagai variabel intervening.

http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

Kotler, P., & Keller, K. (2017:6). Marketing Management.

Kumar, V., Bhaskaran, V., Mirchandani, R., & Shah, M. (2013). Practice Prize Winner - Creating a Measurable Social Media Marketing Strategy: Increasing the Value and ROI of Intangibles and Tangibles fot Hokey Pokey. Marketing Science, 32(2), 194–212.

Kusuma, B. A., & Putri, B. P. S. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity. Jim Upb, 7(1), 33–37.

Leviana, T. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Willingness to Pay Premium Price Melalui Brand Equity pada Konsumen.

Lubiana, & Fauzi, M. & A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1(1), 190–199.

Mirza, A., & Hosseini, H. (2018). Investigating The Role of Marketing Activities of Social Media in The Company’s Image and Customer Response (Case Study: Hotel Industry). International Journal of Social Relevance.

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 124068.

Neti, M. (2015). Social Media and Its Role in Marketing. Business and Economics Journal, 1(2). https://doi.org/10.4172/2151-6219.1000203

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas, 3(1), 1–20.

Poturak, M., & Softić, S. (2019). Influence of Social Media Content on Consumer Purchase Intention : Mediation Effect of Brand Equity. Eurasian Journal of Business and Economic, 12(23), 17–43. (2018).

Pradipta, D., Hidayat, K., & Sunarti. (2016). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Pembeli dan Pengguna Kartu Perdana simPATI Telkomsel di Lingkungan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012 & 2013 Fakultas Ilmu Administrasi).




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i2.1866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 danarti hariani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats