Pengaruh Media Sosial Terhadap Omzet Penjualan Handphone di Outlet Gabe Cell Tangsel

Ahmad Darda, Ahmad Rojikun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial terhadap omzet penjualan di outlet Gabe Cell Tangsel. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan survey sebagai alat pengambilan data yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dan pengunjung outlet dengan jumlah 527 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling yaitu sampling jenuh karena mengambil sampel dari seluruh total populasi. Penilaian menggunakan skala Likert. Penelitian ini merupakan penelitian survei dimana data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, data sekunder dikumpulkan dari outlet Gabe Cell dan studi literatur. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan teknik analisis regresi linier sederhana Crosstab sebagai alat untuk menghitung apakah ada hubungan atau pengaruh antara media sosial terhadap omzet penjualan. Hasil uji  hipotesis dalam penelitian ini membuktikan bahwa media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap omzet penjualan dimana t hitung sebesar 6,708 lebih besar dari t tabel sebesar 1,990. Dari Adjusted R Square = 0,352 dapat dikatakan bahwa perubahan variabel dependen (Y) sebesar 35,2% dipengaruhi variabel X, sedangkan sisanya sebesar 64,8% disebabkan oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian.

 


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Maman. dkk. (2011). Dasar- Dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Adi Saputro, Gunawan dan Marwan Asri. (2003). Anggaran Perusahan. Edisi 2003/2004. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE Universitas Gajah Mada.

Adisaputro, Gunawan., dan Marwan Asri. (2003). Anggaran Perusahaan. Buku 1. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Alex, S. Nitisemito. (2006). Manajemen Suatu Dasar dan Pengantar. Jakarta: Arena Ilmu.

Ali Hasan, (2010). Marketing. Yogyakarta: Media Presindo.

Antony Mayfield. (2008). (E-book) What is Social Media?. London: iCrossing.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Buchari Alma. (2002), Manajemen Pemasaran &Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Buchari Alma. (2007), Manajemen Pemasaran &Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Basu, Swastha. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Basu, Swastha DH. (2004). Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Basu, Swastha. (2005). Asas-Asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Berutu, Lister. (2003). Organisasi Sosial yang Berorientasi Etnis sebagai Suatu Strategi Adaptiv dalam Masyarakat Majemuk di Kotamadya Medan. USU Medan.

Breakenridge, D.K. (2012). Social Media and Public Relations. New Jersey: Pearson Education.

Cutlip, Scott M. Allen H Center, Broom, Glen M. (2005). Effective Public Relations. Edisi 8. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Cooper, Donald R, Pamela S. Schindler. (2003). Business Research Methods. Eighth Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Daryanto. (2011). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Turtorial Nurani Sejahtera.

Gilmore. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management): Jilid I dan II. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Gujarati, Damdar N. (2007). Dasar-Dasar ekonometrika. Jakarta: Erlangga.

Gurnelius, Susan. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip. (2003). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Edisi kesebelas Jilid II. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Kotler, Philip & Gery Armstrong. (2014). Priciple Of Marketing, 15th EditionNew Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kountur, Ronny. (2009). Metode Penelitian vuntuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Manajemen PPM.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i2.1832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ahmad rojikun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats