Pengaruh E-Commerce dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Remaja di Daerah Yogyakarta

Muhammad Arya Dirgantara

Abstract


Indonesia ialah negara dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa. Banyaknya jumlah usia yang sudah produktif di dalam sebuah negara ada kemungkinan akan terjadinya problem dalam ketenagakerjaan seperti meningkatnya jumlah pengangguran. Salah satu solusi agar dapat mengurangi angka pengangguran ialah dengan memperbanyak masyarakat untuk wirausaha. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia bisnis memberikan peluang bagi para wirausaha untuk membuka bisnis secara elektronik dan hal ini juga dapat memicu masyarakat untuk lebih mudah menjadi wirausaha. Para remaja merupakan regenerasi, diharapkan dapat memberikan suatu hal baru yang berdampak positif agar masyarakat Indonesia dapat sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce dan media sosial terhadap minat berwirausaha pada remaja di daerah yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survey melalui kuisioner dan statistik deskriptif. Teknik analis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan E-Commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha dan juga Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. E-Commerce dan Media Sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Kesimpulannya saat ini ada peningkatan E-Commerce dan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha pada Remaja. E-Commerce dan Media Sosial berkontribusi yaitu 58,4% sisanya oleh variabel lain.


Full Text:

PDF

References


Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-Commerce: Dasar Teori Dalam Bisnis Digital (Cetakan 1). Yayasan Kita Menulisa.

Alfianto, E. A. (2012). Kewirausahaan : Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Heritage, 1(2), 33–42.

Alifia, I. F., & Dwiridotjahjono, J. (2019). Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Dusun Beton Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan). Jurnal Bisnis Indonesia, 10(2), 139–154.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157.

Harmayani, H., Marpaung, D., Hamzah, A., Mulyani, N., & Hutahaean, J. (2020). E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital (Cetakan 1). Yayasan Kita Menulisa.

Hernaeny, U. (2021). Populasi Dan Sampel. Pengantar Statistika, 1, 33.

Samodro, D., Satrio, J., & Zempi, C. N. (2022). Pengembangan Wawasan Kebangsaan Melalui Media Sosial (Studi Kasus Warganet Indonesia Dalam Isu Yang Mengusik Nasionalisme). Ikra-Ith Humaniora : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 7(2), 61–67.

Setyadi, M. F. F. (2023). Analisis Pengaruh Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Siliwangi. Universitas Siliwangi.

Sonia, D. (2023). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah yang Telah Melaksanakan Kegiatan Kewirausahaan di Tembilahan. STAI Auliaurrasyidin Tembilahan.

Sugiyono, P. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i2.1775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Arya Dirgantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats