Peran Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Kawasan Cikarang Bekasi

Syamsudin Syamsudin, Rani Suryani, Nurul Aisyah, Irwin Sukrisno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dengan mempertimbangkan kepuasan kerja sebagai variabel intervening di kawasan Cikarang, Bekasi. Metode survei digunakan untuk mengumpulkan data dari karyawan yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah para teknisi di departemen tersebut yang meliputi total sampel sebanyak 100 pekerja di wilayah Jababeka Cikarang Bekasi. Hasil analisis data menggunakan analisis jalur dan teknik statistik untuk menguji hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian bahwa beban kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, beban kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Lingkungan kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja, lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja dapat memediasi hubungan antara beban kerja terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja  dapat memediasi hubungan antara lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil pengukuran  Q2, dihasilkan nilai Q2 sebesar 0,6453 atau 64,53,% yang berarti nilai di atas nol. Hal  ini mengindikasikan bahwa model penelitian  ini memiliki predictive relevance. Sehingga  membuktikan bahwa kinerja karyawan secara utuh dipengaruhi oleh variabel  beban kerja, lingkungan kerja dan kepuasan kerja sebesar 64,53% dan sisanya oleh variabel lain di luar model penelitian.


Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Frimayasa, A., & Lawu, S. H. (2020). Pengaruh komitmen organisasi dan human capital terhadap kinerja pada karyawan pt. Frisian flag. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 9(1).

Ghozali, Imam & Latan, H. (2017). Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0,. Universitas Diponogoro.

Hasibuan, M. S. . (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara.

Koesomowidjojo, S. R. M., & Mastuti, I. (2017). Panduan Praktis Menyusun Analisa Beban Kerja . Raih Asa Sukses.

Lawu, S. H., Shinta, M. R., & Frimayasa, A. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Kelurahan Cipinang Cempedak Jakarta Timur. Aktiva-Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 11–20.

Rukamda, R., & Frimayasa, A. (2023). Pengaruh Pengembangan Karir, Lingkungan Kerja Dan Displin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Memory. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7).

Sedarmayanti. (2014). Pengertian Lingkungan Kerja. Https://Www.Universitaspsikologi.Com/2019/05/Pengertian-Lingkungan-Kerja-Jenis-Dan-Faktornya-Menurut-Ahli.Html. Siagian, S. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Akarsa.

Susanti, D. N. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadapkinerja Pegawai SMP Negeri 1 Sadangkabupaten Kebumen Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 12(1).

Simanjuntak, M. F., & Frimayasa, A. (2023). Pengaruh Beban Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Global Arrow Jakarta. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 258–269.

Supriyanto, A. S. dan V. M. (2013). Metode Penelitian Sumber Daya Manusia Teori, Kuisioner, dan Analisis Data. UIN-Malang Press.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syamsudin Syamsudin, Rani Suryani, Nurul Aisyah, Irwin Sukrisno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats