Kinerja Karyawan di PT Pos Indonesia Jakarta Timur Ditinjau Dari Motivasi dan Lingkungan Kerja dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening

Isyana Emita, Faif Yusuf, Sonny Fransisco

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengevaluasi dampak motivasi kerja dan lingkungan serta variabel intervening terhadap kinerja karyawan dan kepuasan kerja. untuk menentukan dan menguji apakah hubungan antara kinerja karyawan dan kepuasan kerja dan motivasi kerja dimediasi. Untuk mengkaji motivasi kerja, kepuasan kerja, kinerja, dan lingkungan kerja, penelitian ini menggunakan teori manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Seluruh 84 karyawan PT POS Indonesia di Jakarta Timur menjadi populasi survei ini. Menggunakan pendekatan sampel jenuh, 84 sampel karyawan digunakan dalam penyelidikan ini. Data primer dikumpulkan untuk penelitian ini melalui penyebaran kuesioner. Skala Likert adalah sistem pengukuran yang digunakan. Metode analisis data penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik statistik. Partial Least Square (PLS) adalah teknik statistik yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, motivasi tidak berpengaruh positif atau signifikan terhadap kepuasan kerja, kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, dan kepuasan kerja tidak mampu memediasi atau menjelaskan dampak motivasi kerja terhadap kinerja.


Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegaran. (2017). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Rosda.

Fahmi, I. (2016). Perilaku Konsumen teori dan aplikasi. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Frimayasa, A., & Lawu, S. H. (2020). Pengaruh komitmen organisasi dan human capital terhadap kinerja pada karyawan pt. Frisian flag. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 9(1).

Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS) (Edisi 2). Semarang: Universitas Diponegoro.

Handoko, T. H. (2014). Manajemen, Edisi Kedua, Cetakan Keduapuluhenam. BPFE. Yogyakarta.

Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi aksara.

Juliandi, A. (2018). Structural equation model based partial least square SEM- PLS Menggunakan SmartPLS. Jurnal Pelatihan SEM-PLS Program Pascasarjana Universitas Batam, 16–17.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metode Penelitian Bisnis : Konsep & Aplikasi. Medan: UMSU Press.

Manik, S., & Syafrina, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 1–6. https://doi.org/10.31849/jieb.v15i1.72

Siagian, S. P. (2013). Manajemen Sumber daya Manusia. Bumi aksara.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Isyana Emita, Faif Yusuf, Sonny Fransisco

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats