Keputusan Menggunakan QRIS pada UMKM Kulinier di Margonda Kota Depok Ditinjau dari Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan dengan Minat Sebagai Variabel

Nurzalinar Joesah, Bilgah Bilgah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan penggunaan QRIS pada UMKM kuliner di Margonda Kota Depok dengan fokus pada perceived convenience dan perceived usefulness, serta mempertimbangkan minat sebagai variabel intervensi. QRIS adalah sistem pembayaran elektronik yang menggunakan kode QR untuk memfasilitasi transaksi tanpa uang tunai. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui survei terhadap 100 pemilik UMKM kuliner di Margonda. Analisis regresi digunakan untuk mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan menggunakan QRIS, Persepsi kegunaan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Minat, Persepsi Kegunaan berpengaruh positif terhadap Minat, Persepsi kenyamanan berpengaruh terhadap keputusan, Persepsi kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap Minat, Minat berperan sebagai kontrol parsial yang signifikan untuk mengetahui hubungan antar variabel ada hubungan langsung seperti Persepsi Kegunaan terhadap Keputusan. Demikian pula, hubungan antara persepsi kemudahan keputusan yang dimediasi oleh minat dinyatakan signifikan, yang juga berarti bahwa minat berfungsi sebagai kontrol parsial dalam hubungan antara persepsi kemudahan pengambilan keputusan. Pengukuran ini memberikan nilai Q2 sebesar 0,9863 atau 98,64% yang menunjukkan bahwa nilai tersebut lebih tinggi dari nol. Dengan demikian membuktikan bahwa keputusan secara keseluruhan dipengaruhi oleh variabel perceived usefulness, perceived convenience, dan interest sebesar 98,63% dan sisanya oleh variabel lain di luar model penelitian.


Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (1996). Managing Brand Equity; Capitalizing on the Value of Brand Name. Free Press.

Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324.

Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.06

Frimayasa, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Tokopedia. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 941–945.

Ghozali, Imam. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Universitas Diponegoro, 2011.

Ghozali, Imam dan Hengky Latan. Partial Least Squares Konsep, Teknik, dam Aplikasi SmartPLS 2.0 M3 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Universitas Diponegoro, 2012

Jogiyanto, H. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Andi Offset.

Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, (9th ed.). Erlangga.

Kurniawati, H. A., Arif, A., & Winarno, W. A. (2017). Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 24. https://doi.org/10.19184/ejeba.v4i1.4563

Kuncoro, Mudrajad. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga, 2003

Nasution, I. H., & Frimayasa, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia KCP Kota Wisata Kabupaten Bogor. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 123–132.

Sun, H.& Zhang, P. (2015). The Role Moderating Factors in User Technology Acceptance. Int. .J. Human-Computer Studies., 63.

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran, (4th ed.). Andi.

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.06




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bilgah Bilgah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats