Pengaruh Kompensasi dan Turnover Intention Terhadap Tingkat Retensi Karyawan dengan Kepuasan Karyawan Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Industri di Kawasan Industri MM2100 Jawa Barat

Henny Armaniah, Otto Siregar, Wasilatun Nikmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengaruh dan switching intention terhadap tingkat retensi karyawan di perusahaan industri, serta peran kepuasan karyawan sebagai variabel intervening dalam hubungan tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada karyawan di perusahaan industri yang menjadi subyek penelitian. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik analisis statistik seperti regresi dan analisis jalur digunakan untuk menganalisis data yang terkumpul. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Kompensasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap tingkat retensi karyawan, Turnover intention berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat retensi karyawan, Kompensasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan, Turnover intention berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan karyawan dan Kepuasan karyawan berpengaruh positif signifikan terhadap Retensi Karyawan. Berdasarkan hasil pengukuran tersebut, dihasilkan nilai Q2 sebesar 0,988 atau 98,% yang berarti nilainya di atas nol. Hal ini menunjukkan bahwa model penelitian ini memiliki relevansi prediktif. Sehingga membuktikan bahwa Employee Retention secara keseluruhan dipengaruhi oleh variabel Kompensasi, Turn Over Intensi dan Kepuasan Kerja sebesar 98,8% dan sisanya oleh variabel lain di luar model penelitian.


Full Text:

PDF

References


Adzka, S. A. A., & Perdhana, M. S. (2017). Analisis faktor yang mempengaruhi retensi karyawan. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 922–928.

Bangun, W. (2018). Manajemen sumber daya manusia.

Dewi, N., & Wibow, R. (2020). The effect of leadership style, organizational culture and motivation on employee performance. Management Science Letters, 10(9), 2037–2044.

Diah, A. M., Hasiara, R. L. O., & Irwan, M. (2020). Employee retention of pharmaceutical firms in Indonesia: Taking Investment in employee development and social and economic exchange as predictors. Systematic Reviews in Pharmacy,

Fitriani, L. K., & Yusiana, N. (2020). Analisis Pengaruh Kompensasi dan Beban Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Turnover Intention pada Karyawan Inti Pangan, Kuningan

Ghozali, Imam & Latan, H. (2017). Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0, Universitas Diponogoro.

Harliawan, H., Yasa, I., & Dewi, M. H. U. (2017). Pengaruh Kompensasi, Pendidikan Dan Program Kesejahteraan Terhadap Produktivitas Kerja Wartawan Di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana,

Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi aksara.

Jogiyanto, H. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Andi Offset.

Siagian, S. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Akarsa.

Susanti, D. N. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadapkinerja Pegawai SMP Negeri 1 Sadangkabupaten Kebumen Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 12(1).




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Henny Armaniah, Otto Siregar, Wasilatun Nikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats