Peran Politik Kepemimpinan Perempuan dalam Sistem Matrilineal di Minangkabau Sumatera Barat

Suryatman Desri, Vinda Putri Yanda

Abstract


Menurut masyarakat adat setempat, Minangkabau dipuja sebagai sumber kearifan. Perempuan mewakili Amban Puro, Pemilik Kunci Warisan, Undang-Undang Ke Madinah, Payung Menuju Surga, dan Kapai Tampek Batanyo Ka Pulang Tampek Babarito. Perempuan dalam tradisi Minangkabau disebut Bundo Kanduang karena memiliki peran tertentu. Dialah yang memegang warisan, kewajiban keuangan yang paling besar, dan kekuasaan atas Nagari. Nenek moyang perempuan tertua dalam rumah tangga Minangkabau, jika dia masih hidup, menikmati prestise yang lebih tinggi. Dengan demikian, pilihan signifikan tidak pernah dibuat tanpa kesadarannya. Bagi perempuan di Minangkabau yang menganut falsafah Alam Takambang Jadi Guru, terdapat rasa kebersamaan dan kekuatan penyeimbangan dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan yang memanfaatkan data kualitatif dari buku dan makalah di komunitas ilmiah. Untuk menganalisis ide dan membuat model penelitian baru tentang hubungan antara kompensasi dan kualitas pelayanan publik, digunakan data sekunder dari penyelidikan penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian ini yaitu menurut feminisme, rendahnya status perempuan Minangkabau dalam kepemimpinan politik tidak hanya merugikan perempuan lain tetapi juga merugikan mereka sendiri. Banyak pemimpin perempuan dan bahkan presiden mungkin tidak mampu meningkatkan kedudukan perempuan dalam politik atau mengurangi ketidakadilan sejarah yang dihadapi perempuan. Tentu saja, artikel ini tidak mengklaim bahwa upaya dan keterlibatan perempuan di ruang publik atau peningkatan peran kepemimpinan adalah penting, tetapi setiap langkah harus didasarkan pada pengetahuan yang baru dikembangkan, yang konsisten dengan prinsip atau sistem kepercayaan.


Full Text:

PDF

References


Budi Qur’ani, H. (2018). SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra 2). http://research-report.umm.ac.id/index.php/

Fitriani, A. (2015). Gaya Kepemimpinan Perempuan.

Idris, N. (2009). Peran Politik Perempuan dalam Sistem Martilineal di Minangkabau, Sumatera Barat.

Karim, A. (2020). Kepemimpinan Wali Nagari Perempuan (Female Leadership) Di Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto Diateh Kabupaten Solok Periode 2014-2020. Jurnal Demokrasi Dan Politik Lokal, 2(1).

Kurnia Putri, D., Hidayat Sardini, N., & Astuti, P. (2022). Budaya Matrilineal Dalam Keterwakilan Perempuan Di Legislatif Daerah Kota Bukittingi.

Sola, E. (2020). “Bundo Kanduang” Minangkabau Vs. Kepemimpinan. In Pusat Studi Gender dan Anak UIN Alauddin Makassar Sipakalebbi (Vol. 4, Issue 1).

Victorya Pandiangan, L. (2017). Perempuan Politisi Minangkabau Dalam Dunia Politik: Studi Tentang Alasan Perempuan Memaknai Politik. In Jurnal Politik Muda (Vol. 6, Issue 2).

Gilmore. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management): Jilid I dan II. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Gujarati, Damdar N. (2007). Dasar-Dasar ekonometrika. Jakarta: Erlangga.

Gurnelius, Susan. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip. (2003). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Edisi kesebelas Jilid II. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Kotler, Philip & Gery Armstrong. (2014). Priciple Of Marketing, 15th EditionNew Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kountur, Ronny. (2009). Metode Penelitian vuntuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Manajemen PPM.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i2.1639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vinda Putri Yanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats