Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK di Jakarta Selatan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening

Mohamad Amas Lahat, Amas Sari Marthanti, Jaka Santosa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMK di Jakarta Selatan melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening. Sampel penelitian terdiri dari 82 guru yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert yang terdiri dari variabel kepemimpinan, lingkungan kerja, motivasi kerja, dan kinerja guru. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 20.00 dan analisis path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap motivasi kerja guru. Selain itu, motivasi kerja memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru. Motivasi kerja juga berperan sebagai variabel intervening yang memediasi pengaruh kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Temuan ini menunjukkan pentingnya kepemimpinan yang baik dan lingkungan kerja yang kondusif dalam meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru.


Full Text:

PDF

References


Alhabsyi, F., Pettalongi, S. S., & Wandi, W. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 11–19.

Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Ulfah, S. W., & Ichsan, M. (2020). Guru Berprestasi: Penguatan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59–64.

Anggal, N., Yuda, Y., & Amon, L. (2020). Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. CV. Gunawana Lestari.

Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.

Arifah, D. A., & Romadhon, C. (2015). Pengaruh komitmen organisasi, komitmen profesional dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja dengan motivasi sebagai variabel intervening (studi empiris pada kantor akuntan publik di Semarang). Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM), 2(1), 357–369.

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113–125.

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.

Dewi, S. K., & Frianto, A. (2013). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan melalui motivasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(4), 1055–1065.

Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah:(Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.

Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Penerbit Alfabeta.

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi Aksara.

Ferawati, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Agora, 5(1).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25 (T. A. IX (ed.)). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, R., & Haryati, T. (2012). Kepemimpinan dan konteks peningkatan mutu pendidikan. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2).

Hermino, I. A. (2022). Pengelolaan Kurikulum Berbasis Karakter. CV. Azka Pustaka.

INDONESIA, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Ismanto, B., Yusuf, Y., & Suherman, A. (2022). Membangun Kesadaran Moral Dan Etika Dalam Berinteraksi Di Era Digital Pada Remaja Karang Taruna Rw 07 Rempoa, Ciputat Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 43–48.

Khoerunisa, A. K. A., Amin, A. S., & Masripah, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Efektivitas Belajar. Khazanah Akademia, 6(01), 1–9.

Kompri, M. P. I. (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional Edisi Pertama. Kencana.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional. Deepublish.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi guru dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja guru SMAN 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144–160.

Riduwan, E. A. ., & Achmad, E. (2007). Cara menggunakan dan memaknai analisis jalur (path analysis). Alfabeta.

Rivai, V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori dan Praktik. PT RajaGrafindo Persada.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.

Sari, N., Luthan, E., & Syafriyeni, N. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, dan Ukuran Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2014-2018. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 376–387.

Setiawan, H. C. B. (2020). Manajemen Industri Kreatif: Teori dan Aplikasi. PT. Berkat Mukmin Mandiri.

Siregar, N. H. (2020). Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 38–48.

Sitorus, R. M. T. (2020). Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja. Scopindo Media Pustaka.

Sosrowidigdo, S., Priadi, A., & Yusuf, Y. (2011). Analysis Of Competence And Influence On The Performance Of Teacher Of Emotional Intelligence In at SMA Islam Al-Izhar Pondok Labu. ISSIT 2011, 1(1), 36–48.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). In Metodelogi Penelitian.

Suherman, A., Indrianingsih, I., & Yusuf, Y. (2022). The Influence Of Lecturer Competence, Teaching Style, And Work Culture On Student Preferences In The Accounting Profession. Jurnal Ekonomi, 11(03), 471–477.

Suherman, A., & Yusuf. (2021). The effect of human agility, digital literature, curriculum and the role of the family on the interest of the millennial generation in entrepreneurship through capabilities as intervening variables. Journal of Economics and Business Letters, 1(2), 4–17.

Suherman, A., Yusuf, Y., Ismanto, B., & Umam, D. C. (2022). Upaya Membangun Dan Memelihara Semangat Belajar Di Masa Pandemi Pada Yayasan Pondok Pesantren Izzatul Islam. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 56–61.

Sumarni, S., & Tamsah, H. (2017). Pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru smk negeri se-kecamatan tamalate kota makassar. Jurnal Mirai Management, 2(1), 149–163.

Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK era 4.0. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohamad Amas Lahat, Amas Sari Marthanti, Jaka Santosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats