Pengaruh Influencer dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian

Muhammad Faisal Yunas, Muhammad Ali Yusuf, Ratih Ayu Sekarini

Abstract


Keputusan pembelian merupakan puncak dari fase bisnis terakhir antara konsumen dan produsen. Perilaku konsumen mencerminkan tanggapan mereka terhadap berbagai rangsangan yang mereka terima (stimulasi). Oleh karena itu, keputusan pembelian konsumen merupakan suatu proses pemilihan salah satu dari beberapa alternatif pemecahan masalah pelacakan yang sebenarnya. Impuls tersebut salah satunya berasal dari faktor pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, promosi dan influencer. Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan media online sebagai sarana untuk memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh influencer terhadap keputusan pembelian. 2) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. 3) pengaruh influencer dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan untuk penilitian ini adalah penelitian kualitatif-kuantitatif dengan metode survey dan kuisioner. Kegiatan analisis data ini dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi mulai dari hasil wawancara, observasi, studi dokumen dan menyebarkan kuesioner, kemudian mengolah informasi yang diperoleh sesuai kaidah kualitatif-kuantitatif. Saat mengukur variabel independen dan dependen, skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, persepsi, dan pendapat, yang diubah menjadi indikator variabel dan digunakan sebagai titik awal untuk menyusun instrumen dengan menyajikan pernyataan kepada responden dan kemudian memberikan jawaban atas pertanyaan yang disajikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahwa influencer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. 2) Penetapan harga memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. 3) Pengaruh Influencer dan harga secara bersama-sama memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asrizal, & Muhammad. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan). Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1.

Desy, & Rahmat. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. In Semarang: Universitas Diponegoro.

Glucksman, M. (2017). The Rise of Social Media Influencer Marketing on Lifestyle Branding: A Case Study of Lucie Fink. Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 8(2).

Kotler, Keller. (2012), Marketing Management, 14th, Person Education.

Kotler, P, & Keller, K. L. (2016), Marketing Management Edisi 15. Ebook: Pearson.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012), Prinsip Prinsip Pemasaran, Terjemahan Bob Sabran, Edisi 13 Jilid 1, Jakarta, Erlangga.

Kotler, P. dan Armstrong, N. (2012), Prinsip-prinsip pemasaran, edisi 12, jilid, terjemahan Bob Sabran, Jakarta, Erlangga. Hal. 52.

Linda, & Andreyan. (2019). Peningkatan Keputusan Membeli Kartu prabayar Indosat Di Kecamatan Mojogedang melalui Kualitas Produk, Harga Dan Promosi. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 6.

Mar’ati, N. C. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Gojek Di Surabaya) Nafisa. Journal Tata Niaga, Universitas Negri Surabaya, 82(6).

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu), ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) Vol. 7 No. 1. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Sadid, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Kliping Koran Untuk Siswa Paket C Setara SMA. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(2). https://doi.org/10.21009/jiv.1302.7

Sudrartono, T., & Saepudin, D. (2020). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Perkembangan UKM Di Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu dan Handoko. H., (2011). Manajemen Pemasaran - Analisis Perilaku Konsumen. Edisi ke Enam. BPFE. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta. Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

https://www.exabytes.co.id/blog/tren-influencer-marketing-tahun-2023/ diakses tanggal 15-4-2023

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6040204/apa-itu-influencer-ini-arti-tugas-jenis-dan-contohnya, diakses tgl 10-4-2023

https://theaseanpost.com/article/getting-indonesia-40-ready diakses tgl 10-4-2023

https://blog.hubspot.com/marketing/hubspot-blog-marketing-industry-trends-report#social diakses tanggal 12-4-2023

https://news.unair.ac.id/2020/08/24/mengupas-kelahiran-influencer-dari-alat-propaganda-hingga-identity-selling/?lang=id diakses tanggal 12-4-2023

https://starngage.com/25-statistik-influencer-marketing-2021-yang-perlu-diketahui/ diakses tanggal 15-4-2023

https://toffeedev.com/blog/pengaruh-influencer-terhadap-keputusan-pembelian/ diakses tanggal 15-4-2023

https://www.studinews.co.id/analisis-regresi/ diakses tanggal 15-4-2023

https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTE/article/download/10324/8008 diakses tanggal 15-4-2023

https://www.researchgate.net/profile/Dita-Amanah/publication/322138066_Pengaruh_Harga_Dan_Kualitas_Produk_Terhadap_Kepuasan_Konsumen_Pada_Majestyk_Bakery_Cake_Shop_Cabang_HM_Yamin_Medan/links/5a47523f458515f6b055df06/Pengaruh-Harga-Dan-Kualitas-Produk-Terhadap-Kepuasan-Konsumen-Pada-Majestyk-Bakery-Cake-Shop-Cabang-HM-Yamin-Medan.pdf diakses tanggal 15-4-2023




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i2.1581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Faisal Yunas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats