Peran Strategi Pengembangan Bisnis dalam Meningkatkan Pendapatan pada CV. Lanjar Jaya Tangerang

Peter Rajagukguk, Isroni Isroni, Nurhadi Nurhadi, Dedi Supriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis melalui pengembangan produk pada CV Lanjar Jaya Tangerang dengan menganalisis strategi promosi melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bisnis dengan cara promosi berbayar, iklan berbayar, melakukan broadcasting, branding recommendations, voucher diskon, dan strategi permainan harga efektif meningkatkan pendapatan. Selain itu, strategi pengembangan produk dengan mengembangkan desain motif, perubahan warna, maupun pengembangan lini produk baru efektif menarik pelanggan baru di marketplace.


Full Text:

PDF

References


Achmad Hambali, S. A. (2021). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas(Bmc) Dan Swot Analysisdalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Piring Seng Coffee & CO Tunjungan Surabaya. Journal of Applied Business Administration, 5 No.2.

Ahdiat, A. (2023). Indeks Penjualan Retail Meningkat pada April 2023, Tertinggi sejak Pandemi. Katadata.Co.Id.

Arifin, A., Wardokhi, W., & Yusuf, Y. (2022). Membangun Kesadaran Kemandirian Dengan Inovasi Dan Kreatifitas Usaha Pada Pemuda Karang Taruna Rw. 07 Kelurahan Rempoa. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 62–65.

Aulia, A. (2022). Preparation of Financial Statements On BPR XYZ Based On Sak–Etap. Formosa Journal of Science and Technology, 1(1).

Mangkuprawira, S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Ghalia Indonesia.

Mustafa, P. S., & Angga, P. D. (2022). Strategi Pengembangan Produk dalam Penelitian dan Pengembangan pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Riset Dan Konseptual, 6 No.3.

Nasution, R. P., Sulistyowati, L., & Marhadi, M. (2014). Analisis pengaruh kreatifitas iklan, daya tarik iklan, dan kredibilitas endorser Terhadap brand attitude pada produk Nokia Asha di kota Pekanbaru. Riau University.

Nurkhopipah, S. (2022). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Pengrajin Sapu Di Era New Normal (Studi Kasus Pada Pengrajin Sapu Desa Tarikolot Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan). S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Pertiwi, A. P., & Hadi, S. P. (2020). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pt Perusahaan Gas Negara (Studi pada PGN Sales Area Semarang). Administrasi Bisnis FISIP Undip, 3 No1.

Porter, M. E. (1990). New global strategies for competitive advantage. Planning Review.

Rajagukguk, P., Haryono, B., Hardani, H., & Fadholi, A. (n.d.). International Journal Of Social And Management Studies (IJOSMAS) Promotion and Price Analysis of Purchase Decisions Bear Brand Milk During The Covid-19 Pandemic at PT. Aneka Rasa Citra Sejati, Jakarta.

Simanjuntak, B. A. (2017). Konsepku Mensukseskan Otonomi Daerah: Membangun Indonesia Berkeadilan Sosial-Ekonomi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suyanto, M. (2007). Strategic Management Global Most Admired Companies: Perusahaan yang Paling Dikagumi Dunia. Penerbit Andi.

Tiara Noviana1, H. S., & Purwati. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada Toko Pempek Flamboyant Palembang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 2 No.3.

Yunus, E. (2016). Manajemen strategis. Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Peter Rajagukguk, Isroni Isroni, Nurhadi Nurhadi, Dedi Supriadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats