Pengaruh Inflasi, Kurs Nilai Tukar, Jumlah Uang Beredar terhadap Harga Saham PT Bumi Serpong Damai Tbk Tahun 2017-2020

Putu Tirta Sari Ningsih, Muhammad Gusvarizon, Noormi Aprillia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Inflasi, Kurs Nilai Tukar dan Jumlah Uang Beredar terhadap Harga Saham PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data runtun waktu (time series) dan data sekunder yang diperoleh dari website Badan Pusat Statistik dan Bank Indonesia. Teknik pengambilan sample menggunakan metode purposive sampling denga data bulanan dan periode penelitian dari bulan Januari tahun 2017 sampai dengan Desember tahun 2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan melakukan uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji autokorelasi) dan uji hipotesis t-statistik serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara Bersama-sama dengan tingkat signifikan 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel Inflasi memiliki nilai koefisien korelasi yang positif dan tidak signifikan terhadap Harga Saham PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Kurs Nilai Tukar secara parsial memiliki nilai koefisien korelasi yang negatif dan signifikan terhadap Harga Saham PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Dan Jumlah uang Beredar (M2) secara parsial memiliki nilai koefisien korelasi yang negatif dan signifikan terhadap harga saham PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Sementara itu secara simultan variabel bebas Inflasi, Kurs Nilai Tukar dan Jumlah uang Beredar secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu Harga Saham PT. Bumi Serpong Damai Tbk. Koefisiensi determinasi dari penelitian diperoleh besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yang dapat diterangkan oleh model dalam persamaan ini sebesar 0.799742 atau sebesar 79%. Hal ini menujukan bahwa variabel Inflasi, Kurs dan Jumlah Uang Beredar mampu menjelaskan naik/turunnya harga saham PT Bumi Serpong Damai sebesar 79% sedangkan sisanya sebesar 21% dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini.


Full Text:

PDF

References


Adriyani, P. D (2021). “Pengaruh Inflasi, Suku Bunga Dan Nilai Tukar Mata Uang Terhadap Harga Saham PT. Matahari Department Store Tbk Pada Tahun 2015-2020”. Jakarta.

Atmadja, A. S. (2004). Inflasi Di Indonesia: Sumber-Sumber Penyebab Dan Pengendaliannya. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 54–67. http://jurnalakuntansi.petra.ac.id/index.php/aku/article/view/15656

Asmara, W. P., & Asmara, I. P. W. P. (2018). Pengaruh Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana,7(3),1397. https://doi.org/10.24843/ejmunud. 2018.v7.i03.p10

Dr. Namo Prawoto, S. M. (2019). Pengantar Ekonomi Makro. Depok: Rajagrafindo Persada.

Farhan, M (2021). “Pengaruh Suku Bunga, Inflasi, Kurs USD Terhadap Harga Saham PT. Summarecon Agung Tbk Tahun 2017-2020”. Jakarta.

Handini, S. (2020). Manajemen Keuangan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Karmila, & Ernawati, I. (2018). Pasar Modal. Yogyakarta: Yuni Astuti.

Kartika, S. (2019). Konsumsi dan Investasi. Semarang: Mutiara Aksara Semarang.

Kartika, S. (2019). Mengenal Inflasi. Semarang: Mutiara Aksara.

Mamahit, R. R., Tumbel, T. M., & Magindaan, J. V. (2019). Pengaruh Variabel makro ekonomi terhadap indeks harga saham gabungan di bursa efek indonesia periode 2014-2018. Administrasi Bisnis.

Mustafa, B., & Hasan, A. (2010). Pendidikan Manajemen. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.

Purnama, I. A., & Purbawangsa, I. A. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Variabel Makro Ekonomi Terhadap Harga Saham Perusahaan Pertambangan. Manajemen Unud.

Raharjo, S. (2010). Pengaruh inflasi, nilai kurs rupiah, dan tingkat suku bunga terhadap harga saham di bursa efek indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis, 1-16.

Sumantri, F., & Latifah, U. (2019). faktor-faktor yang mempengaruhi indeks harga konsumen. jurnal sekretari dan manajemen.

Winardy, A. (2019). Pengaruh Faktor Ekonomi Makro Terhadap Stock Return Pada Indeks Saham LQ45.

Wismantara, S. Y., & Darmayanti, N. A. (2017). pengaruh nilai tukar, suku bunga dan inflasi terhadap harga saham gabungan di bursa efek indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud.

www.bi.go.id

www.idx.go.id

www.bps.go.id

www.investing.com




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putu Tirta Sari Ningsih, Muhammad Gusvarizon, Noormi Aprillia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats