Analisa Fenomena Delay Penerbangan dan Kualitas Pelayanan PT. Lion Mentari Airlines
Abstract
Indonesia, sebagai negara dengan 17.508 pulau, menghadapi tantangan besar dalam memberikan transportasi bagi penduduknya. Oleh karena itu, transportasi udara menjadi sangat penting bagi perekonomian negara, di mana maskapai penerbangan berbiaya rendah menjadi pilihan utama. Namun, maskapai penerbangan seperti Lion Air dikenal dengan service quality yang buruk dan sering mengalami masalah operasional, seperti penundaan penerbangan dan pelayanan yang buruk. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis manajemen operasional dan hubungan pelanggan Lion Air melalui teori total quality management dan Process theory, untuk mengidentifikasi tantangan dan masalah dalam manajemen operasional. Data diperoleh dari berbagai sumber dan dianalisis dengan menggunakan teori process strategy, total quality management, customer satisfaction, dan customer experience. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Tujuan penelitian ini adalah memberikan saran untuk meningkatkan kualitas layanan pada industri penerbangan secara umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan Lion Air masih kurang memuaskan pelanggan, terutama dalam hal tangible dan responsiveness yang sering mengalami masalah. Oleh karena itu, Lion Air perlu mengevaluasi kualitas layanan dan meningkatkan kualitas karyawan dan sistem manajemen melalui analisis total quality management dan process theory strategy, berbagai analisa dari marketing mix, personal selling, dan analisa lainnya.
Full Text:
PDFReferences
Agarwal, I., & Gowda, K. R. (2020). The effect of airline service quality on customer satisfaction and loyalty in India. Materials Today: Proceedings, 37(Part 2), 1341–1348. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2020.06.557
Bakti, S., & Harun, H. (2011). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 3(1), 1–14. http://online-journal.unja.ac.id/index.php/pemasaran/article/view/921
Ban, H., & Kim, H. (2019). Ban, H. J., _ Kim, H. S. (2019). Understanding customer experience and satisfaction through airline passengers’ online review. Sustainability, 11(15), 4066..pdf. Sustainability (Switzerland), 11.
Indonesia, C. (2022). Dinobatkan Jadi Maskapai Terburuk Dunia, Ini Bantahan Lion Air Group. CNN INDONESIA.
Jaya, I. G., & Putra, K. (2020). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Delight Sebagai Variabel Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia. 9(1), 384–404.
Kusumawardani, I. D. (2021). Strategi Pemasaran Lion Air Group Di Era New Normal. Jurnal Manajemen Dirgantara, 14(2), 225–230. https://www.jurnal.sttkd.ac.id/index.php/jmd/article/view/287%0Ahttps://www.jurnal.sttkd.ac.id/index.php/jmd/article/download/287/238
Maskapai, P., Lion, P., Di, A. I. R., & Padang, K. (2017). No Title.
Muzakki, M. R. (2020). Pengaruh Kinerja Operasional Terhadap Kepuasan. 1–9.
Nieamah, K. F. (2021). Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) Pada Maskapai Lion Air Di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) 1 Kartika Fajar Nieamah. Jurnal Manajemen Dirgantara, 14(2), 311.
Ode, W., Yunus, Y., Astutik, S. P., Udara, M. T., Tinggi, S., & Kedirgantaraan, T. (2022). Penumpang Lion Air Di Bandar Udara Haluoleo Kendari. 6(1), 663–671.
Purnomo, M. D., & Astuningsih, S. E. (2021). Implementasi Manajemen Operasional Pada Cv. Hanafi Mulya Dalam Prespektif Ekonomi Syariah. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), 59–67. https://doi.org/10.32528/jmbi.v7i1.4894
Putu Adi Putra Arimbawa, S.E., M. . (2020). Strategi Proses: Menentukan Proses yang Efektif dan Efisien. Binus University.
Sadiqin, M. H., & Saraswati, T. G. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Lion Air ( Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom ). 5(3), 3919–3929.
Yudianto, K. (2017). Penerapan Total Quality Management Terhadap Kualitas Pelayanan Penumpang. Journal Management Dirgantara, 12(2), 95–98.
DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1567
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fidia -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin Creative Commons Attribution 4.0 International License.