Pengembangan UMKM Snack Nuruto dalam Social Media dan Digital Marketing

Lady Lady, Antony Sentoso, Fidia Fidia, Peter Macnico, Mutiara Kamilatunnaimah, William William

Abstract


Bisnis kuliner telah menjadi tren populer dengan prospek yang menjanjikan dan memberikan dampak positif pada perekonomian lokal. Nuruto Egg Rolls, sebuah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang didirikan oleh Sidik Yunianto dan istrinya, mengkhususkan diri dalam produksi egg roll yang lezat. Namun, UMKM ini menghadapi tantangan dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif. Tantangan tersebut meliputi kurangnya pemahaman dalam mengelola platform media sosial, kesulitan dalam menciptakan konten menarik, meningkatkan interaksi dengan pengikut, membangun citra merek yang kuat, dan sumber daya terbatas untuk melakukan pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi dalam mengumpulkan informasi dan data yang valid, serta analisis kualitatif dilakukan dengan mengumpulkan, menyusun, dan menginterpretasikan data deskriptif dan non-numerik seperti teks, gambar, atau rekaman audio. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi praktis guna mengatasi tantangan tersebut dan meningkatkan efektivitas pemasaran Nuruto Egg Rolls di platform media sosial. Dengan menerapkan solusi yang disarankan, seperti membuat konten digital marketing yang tepat sasaran di sosial media Nuruto Egg Rolls, Merancang whatsapp bussines UMKM, Website UMKM hingga ke Linktree. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya dampak positif terhadap UMKM Nuruto Egg Rolls dengan feedack yang positif dari pak Sidik, selaku pemilik UMKM dalam pengembangan dan peningkatan engagement maupun awareness dari UMKM Nuruto Egg Rolls terhadap pengguna sosial media dan pelanggan dari produk Nuruto Egg Rolls.


Full Text:

PDF

References


Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1

Bate’e, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 2(2), 313–324.

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @yhoophi_official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32–41.

Irawan, A. D., & Hadisumarto, A. D. (2020). The Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Trust, Brand Loyalty, and Brand Equity on the Social Media Instagram. Jurnal Manajemen Dan Usahawan Indonesia •, 43(1), 44–58.

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @Kpopconnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39–50.

Li, F., Larimo, J., & Leonidou, L. C. (2021). Social media marketing strategy: definition, conceptualization, taxonomy, validation, and future agenda. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(1), 51–70. https://doi.org/10.1007/s11747-020-00733-3

Li, Y., & Xie, Y. (2020). Is a Picture Worth a Thousand Words? An Empirical Study of Image Content and Social Media Engagement. Journal of Marketing Research, 57(1), 1–19. https://doi.org/10.1177/ 0022243719881113

Majid, S., Lopez, C., Megicks, P., & Lim, W. M. (2019). Developing effective social media messages: Insights from an exploratory study of industry experts. Psychology and Marketing, 36(6), 551–564. https://doi.org/10.1002/mar.21196

Mustomi, D., & Puspasari, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Cermin : Jurnal Penelitian, 4(1), 133–147.

Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 2656–6265.

Narottama, N., & Moniaga, N. E. P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner Di Kota Denpasar. JUMPA, 8(2). https://datareportal.com/reports/digital-2021-global-overview-report

Panjaitan, D., & Setyorini, R. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 10(1), 54–62. www.kompasiana.com

Ramdhan, J. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Dan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Distro House Of Smith. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis , 3(3), 534–544.

Saddha Yohandi, Yuliana, Arwin, Lisa, & Ivone. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Di Fortunate Coffee Cemara Asri Deli Serdang. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 182–186. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.451

Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. EBISMEN, 1(3), 24–31.

Saribu, H. D. T., & Maranatha, E. G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada Pt.Astragraphia Meda. Jurnal Manajemen, 6(1), 1–6.

Suardika, K. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Memakai Kartu Kredit Pada Pt. Bank Negara Indonesia 46 tbk. Cabang Singaraja. Jurnal Artha Satya Dharma, 12(1), 12–24.

Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Common , 5(2), 118–133. https://doi.org/10.34010/ common

Umami, Z., & Darma, G. S. (2021). Digital Marketing: Engaging Consumers With Smart Digital Marketing Content. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(2), 94–103. https://doi.org/10.9744/jmk.23.2.94-103

Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Engagementdan Loyalitas Merek Pada Akun Instagram Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185–198. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/ article/view/388

Virginia, E. V., & Samadi, R. L. (2022). The Effect Of Brand Image, Brand Trust And Digital Marketing On Consumer Purchase Decisions On Emina Products (Case Study At Sam Ratulangi University Students). EMBA, 10(3), 953–964.

Yudhi P. (2020). Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth Dan Customer Engagement. Kompetensi, 14(1), 80–91.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fidia -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats