Penerapan Sistem Pelayanan Trace To Tracking Shopee Express Pada PT. Nusantara Ekspress Kilat Di Service Point Jakarta

Peter Rajagukguk, Bambang Haryono, Hardani Hardani, Arief Fadholi

Abstract


Prosedur pengiriman barang merupakan sistem pengiriman yang ditetapkan operator, harus dipatuhi oleh konsumen ketika mengirim barang. Sistem  trace to tracking  memudahkan operator dan konsumen dalam memantau barang yang dikirim tiba ditujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengiriman barang pelanggan shopee melalui Shopee Express, tahapan pengiriman, pihak yang terlibat selama melaksanakan pengiriman,  serta mengetahui kendala apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi kendala pada PT Nusantara Ekspress Kilat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data  observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pengiriman barang di Shopee Express dimulai dari penginputan saat buyer check out. Melakukan handle seller, membuat laporan mulai dari laporan rekapitulasi total paket, observasi, laporan isu dan sampai follow seller sampai dengan tahap pengiriman barang/paket oleh team operasional ke buyer. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa prosedur pengiriman barang di Shopee Expres dalam periode penelitian mengalami penurunan paket dalam proses Inbound di masing – masing service, hingga 30% dari bulan sebelumnya. Hambatan yang sering terjadi saat proses pengiriman paket, salah lokasi pengiriman paket yang menimbulkan komplain dari buyer dan kerugian ongkos kirim, adanya salah tempel nomor resi sehingga paket tertukar, salah rute dan keterlamatan pick up paket oleh team first mile.  


Full Text:

PDF

References


Adiwinoto, I. T., & Santoso, A. (2021). Desain sistem informasi untuk tracking dan tracing pada warehouse dengan menggunakan teknologi QR code. J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 16(2), 102–108.

Alfajri, M. F., & Wasiqi, N. C. (2018). Pengembangan Model Tracking and Tracing dalam Komoditi Rantai Pasok Perikanan di Indonesia. Applied Information System and Management (AISM), 1(2), 96–100.

Anthoni, L., & Yusuf, Y. (2020). The Completion of Filing A Claim Ex Gratia Sharia Life Insurance. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 2(3), 510–519.

Eviani, I., & Hidayat, Y. R. (2021). Pengaruh Sistem Pelacakan Online dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus J&T Express Kota Baru Bekasi). Jurnal Manajemen Logistik, 1(1), 11–19.

Jayathilake, W., & Abeyawadhana, D. K. Y. (2020). Intellectual Capital on Financial Performance.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2013). E-commerce. Pearson Boston, MA.

Lokobal, A., Sumajouw, M. D. J., & Sompie, B. F. (2014). Manajemen risiko pada perusahaan jasa pelaksana konstruksi di Propinsi Papua (study kasus di Kabupaten Sarmi). Jurnal Ilmiah Media Engineering, 4(2).

Muhamad Fitra Alfajri, N. C. W. (2018). Pengembangan Model Tracking and Tracing dalam Komoditi Rantai Pasok Perikanan di Indonesia. Applied Information Systems and Management (AISM), 1 No.2.

Perdana, Y. R. (2011). Pengembangan Model Tracking dan Tracing dalam Distribusi Komoditi Pertanian.

Rajagukguk, P. (2021). Promotion and Price Analysis of Purchase Decisions Bear Brand Milk During The Covid-19 Pandemic at PT. Aneka Rasa Citra Sejati, Jakarta. International Journal Of Social And Management Studies (IJOSMAS), 2(5).

Simamora, V., & Susanti, E. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Tracking System Berbasis Web Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Persepsi Resiko Konsumen Pada Produk Jne Cilincing. Media Manajemen Jasa, 4(1).

Siswandi. (2017). Administrasi logistik & pergudangan. Lentera Ilmu Cendekia.

Widanengsih, E., & Yusuf. (2022). Penerapan Model Technologi Acceptance Model Untuk Mengukur Adopsi Penggunaan Aplikasi Pembukuan Akuntansi Dan Keuangan Rumah Tangga. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 86–95.

Wijaya, G. C. (2019). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Ekspedisi Berbasis Web Pada Cv. Wr Cargo Express Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Yu, Y. (2012). Factors and customers satisfaction of budget hotel customers in China. University of the Thai Chamber of Commerce.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Peter Rajagukguk, Bambang Haryono, Hardani Hardani, Arief Fadholi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats