Pengaruh Iklan TV Dan E-Commerce terhadap Volume Penjualan pada Produk Indomie (Studi Kasus Perumahan Bulak Klender RW 015)

Fery Hernaningsih, Agustinus Yanuar Budhi Heriyanto

Abstract


Mie instan adalah makanan yang mudah disajikan untuk segala suasana terutama untuk bekal ketika berpergian. Indomie merupakan produk mie instan yang mempunyai varian rasa yang beragam. Beriklan di TV dengan tagline, jingle dan content iklan yang mempunyai pesan pada moment tertentu serta sesuai dengan budaya masing-masing negara sebagai pengingat konsumen akan produk indomie untuk melakukan pembelian secara berulang-ulang. Pembelian melalui online shopping e-commerce memberikan penjelasan detail tentang kandungan yang ada pada produk indomie sehingga konsumen tertarik untuk mencoba kemudian membelinya dan cakupan online shopping e-commerce hingga ke seluruh dunia. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini didapatkan melalui metode probability sampling (simple random sampling) dengan rumus Slovin sebanyak 133 orang. Hasil dari penelitian ini adalah iklan TV berpengaruh menunjukan nilai yang positif dimana t hitung > t tabel (5,150 >1,656) dan signifikan 0,000 < 0,05, e-commerce berpengaruh terhadap volume penjualan dimana t hitung > t tabel (7,475 > 1,656) dan signifikan 0,033 < 0,05, Berdasarkan F hitung > F table (142,926 > 3,07) dan signifikan 0,000 < 0,05, bahwa iklan TV dan e-commerce secara bersama sama berpengaruh terhadap volume penjualan. Rekomendasi untuk penelitian ini adalah Memproduksi Indomie dengan ukuran renceng untuk mencapai segala lapisan masyarakat terutama bagi masyarakat yang daya belinya rendah. Pendistribusian yang merata terutama di daerah perumahan untuk produk baru indomie sehingga pembeli mudah mendapatkan varian baru indomie tersebut. Memberikan bantuan dengan modal atau produk indomie dengan varian rasa bagi warung-warung di daerah perumahan sebagai bentuk program sosial Indomie


Full Text:

PDF

References


Daryono. 2011. Manajemen Pemasaran. Penerbit Yrama Widya, Bandung.

Fatihudin, Didin dan Anang Firmansyah. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan Cetakan ke I. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall. Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. (2012)

Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. (terbitan Alfabeta Bandung edisi ke-26 Tahun 2019)

Schiffan Stephan, (2005), Increasing Sales, Terjemahan Eling Ratnawati, Penerit, PT. Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia, Jakarta

Wong. Jony, 2010, Internet Marketing For Beginners, Elex Media Komputindo, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fery Hernaningsih, Agustinus Yanuar Budhi Heriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats