Pengaruh Brand Awareness dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil di Carmudi.Co.Id

Hasan Basri, Fitriyah Fitriyah, Reni Febrianti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand awareness dan promosi secara parsial dan secara serempak terhadap keputusan pembelian mobil di carmudi.co.id area Jakarta. Metode pengolahan data yang digunakan penelitian adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 24. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yang diambil dari pelanggan yang melakukan pembelian mobil di carmudi.co.id selama bulan Maret sampai Mei 2018. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh, variabel brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, terbukti nilai t-hitung (11,906) lebih besar dari nilai t-tabel (1,672), variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian terbukti nilai t-hitung (3,927) lebih besar dari nilai t-tabel (1,672), dan secara simultan, brand awareness dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil di carmudi.co.id area jakarta dengan nilai F-hitung (319,083) lebih besar dari nilai F-tabel (3,16) dengan presentase sebesar 0,918 (91,8%).


Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip and Gary Armstrong, (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler and Keller, (2012). Marketing Management Edisi 14, Global Edition, Pearson Prentice Hall.

Kotler and Keller, (2016). Manajemen Pemasaran, Jilid I, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler and Keller, (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Diterjemahkan Oleh Benyamin Molan, Jilid 2, Jakarta: PT. Index.

Aaker, A. David, (2013). Manajemen Ekuitas Merek. Alih Bahasa: Aris Ananda, Spektrum Mitra Utama, Jakarta.

Titik Wijayanti, (2017). Marketing Plan Dalam Berbisnis, Third Edition, Gramedia, Jakarta.

Ghozali, Imam, (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. ALFABETA Buchari, Alma, 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan kedepalan, Bandung: Alfabet.

Dharmmesta, Basu Swastha, (2014). Manajemen Pemasaran, Universitas Terbuka, Tanggerang Selatan.

Putri Medina, (2013). Analisis Pengaruh Isi Berita, Kelompok Acuan, dan Brand Awareness Terhada Minat Beli Konsumen Pada Tabloid Otospeed. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponogoro Semarang.

Puti Kumalasari, (2013). Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Brand Equity dan Dampak Pada Minat Beli Konsumen Product Placement Mie Instan Indomie Indomie Di Dalam Film 5 Cm, Skripsi Universitas Diponogoro Semarang.

Andhini Wulan Saputri, (2017). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Media Komunikasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jaringan 4G LTE PT. Telkomsel, Skripsi Universitas Pancasila Jakarta.

Muhammad Romadhoni, (2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Suciningtyas, Wulan, (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Manajemen Analisys Journal. Volume 1. hal: 2-5.

Klarisa, Novita, (2012). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Swalayan Maxi Balikpapan. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(1), 40-51

Hermawan, Widiana, dan Estianty, (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Sepatu Nike di Nika Factory Store Surabaya. Jurnal Manajemen Branchmarck. Volume 2. hal:104.

Ariyan, Hendi, (2013). Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Konsumen Atas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Minuman Aqua di Kota Padang. Journal Management. Volume 2. hal:4-5.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasan Basri, Fitriyah Fitriyah, Reni Febrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats