Strategi Perusahaan Penerbangan Berbayar Murah dalam Meningkatkan Penjualan Tiket

Marthaleina Ruminda Sitorus, Lut Mafrudo, Fernanda Audi Fakhri, Yuliantini Yuliantini, Rohana Sitanggang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan pada perusahaan penerbangan berbayar murah (low-cost carrier/LCC) agar dapat meningkatkan penjualan tiket pesawat. Metode yang digunakan dalam peneltian ini menggunakan analisis SWOT, dengan teknik analisis data yang digunakan analisis matriks SWOT 4 Kuadran, Matrik SWOT IFE dan EFE dan matriks Internal (IE). Hasil dari analisis matriks SWOT 4 kuadran menunjukan hasil faktor internal sebesar 2.20 dan hasil faktor eksternal sebesar 1.45 yang menunjukan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I yaitu strategi growth sehingga strategi yang digunakan adalah dengan menggunakan strategi agresif yaitu dengan penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Sedangkan untuk analisis matrik IE didapatkan berdasarkan total skor faktor internal (IFE) sebesar 2.83 dan total skor faktor eksternal (EFE) sebesar 2.66 menunjukan bahwa perusahaan berada pada sel V menunujukan bahwa perusahaan sudah berada dalam tahap menjaga dan mempertahankan (hold and maintain), strategi yang digunakan oleh perusahaan yaitu dengan cara penetrasi pasar dan pengembangan produk.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Indonesia. (2020). Statistik Transportasi Udara 2020, Air Transportation Statistics. https://www.bps.go.id/publication/2021/11/29/6106b46cdce794ebe2bf93c2/statistik-transportasi-udara-2020.html

Fan, Z. (2021). Research on the Marketing Strategy of Airline Industry Influenced by COVID-19. Proceedings of the 1st International Symposium on Innovative Management and Economics (ISIME 2021), 185(Isime), 331–336.

Keamanan Penerbangan Nasional, Pub. L. No. PM 51, PM 51 Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia 28 (2020). http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2020/PM_51_TAHUN_2020.pdf

Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di pt sarana bandar logistik. Jurnal Manajemen …. https://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/23838

Prawiraatmadja, D., & Sutanto, B. (2019). Indonesia National Air Carries Association (INACA) Annual Report 2019. https://inaca.or.id/wp-content/uploads/2022/07/INACA-Annual-Report_2019.pdf

Rangkuti, F. (2015). Teknik Membedah Kasus Bisnis : Analisis SWOT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruminda, M. (2022). Social Media Marketing. In Strategi Pemasaran di Era Digital (I, Vol. 1, pp. 93–108). Haura Utama.

Ruminda, M., & dkk. (2022). Strategi Pemasaran di Era Digital. Haura Utama. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=UfPqjpoAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=UfPqjpoAAAAJ:mVmsd5A6BfQC

Ruminda, M., & Keke, Y. (2017). MEMBANGUN KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PESAWAT PADA ONLINE TRAVEL AGENT (Studi Kasus: Penumpang Perusahaan Penerbangan Domestik Berjadwal di Pulau Jawa). Kalbis Institute, 1–6. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=UfPqjpoAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=UfPqjpoAAAAJ:qxL8FJ1GzNcC

Ruminda, M., Manoppo, S. S., Warsito, T., Irenita, N., & Ayutia, Y. (n.d.). Strategic Formulation to Improve the Ticket Sales ( Study Case at P . T . Citilink Indonesia , HLP – YIA Routes ). 663–671. Retrieved January 19, 2023, from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=UfPqjpoAAAAJ&pagesize=80&sortby=pubdate&citation_for_view=UfPqjpoAAAAJ:hqOjcs7Dif8C

Simarmata, J., Ruminda, M., Yuliantini, & Arubusman, D. A. (2019). The factors influencing passengers’ interest in using transportation services. TEM Journal, 8(3), 945–950. https://doi.org/10.18421/TEM83-36

Sitorus, P. P., Keke, Y., & Ruminda, M. (2018). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Pada Online Travel Agent. Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 4(2), 141–146.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. In Alfabeta (6th ed.). Alfabeta.

Supranto, J., & Limakrisna, N. (2010). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran: Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis (Edisi 2) (2nd ed.). Mitra Wacana Media.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marthaleina Ruminda Sitorus, Lut Mafrudo, Fernanda Audi Fakhri, Yuliantini Yuliantini, Rohana Sitanggang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats