Pengaruh Knowledge dan Influencer terhadap Literasi Investasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19

Susiana Dewi Ratih, Esty Dita Pramesti, Evi Noviaty, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Masa pandemi covid-19, membuat masyarakat merubah cara hidup dengan kebiasaan baru, pembatasan sosial, membuat orang memanfaatkan media sosial secara daring dalam mendapatkan berbagai informasi serta melakukan aktivitas bisnis dan pembelajaran. Tingkat literasi investasi di masyarakat 23% dan terkait pasar modal literasi investasinya adalah 0.11%. Mahasiswa merupakan calon investor muda yang dapat berperan aktif dalam dunia investasi, harus memiliki literasi investasi. Sesuai teori Sosial Kognitif, literasi dilakukan melalui faktor knowledge dan faktor lingkungan, melalui penggunaan media sosial, khusunya kolaborasi dengan influencer di media sosial. Untuk itu diteliti  bagaimana pengaruh Knowledge dan  Influencer baik secara parsial maupun simultan  terhadap Literasi Investasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2022. Metode penelitian menggunaka metode kuantitatif, dengan populasi mahasiswa DKI Jakarta, dan sampel berjumlah 100 orang. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan Knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap Literasi Investasi Mahasiswa. Sedangkan penggunaan influencer tidak berpengaruh terhadap Literasi Investasi Mahasiswa. Knowledge dan Influencer secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Literasi Investasi Mahasiswa. Kesimpulannya, selama masa pandemi covid-19, ada peningkatan knowledge literasi investasi pada mahasiswa. Influencer di media sosial tidak berpengaruh. Knowledge dan influencer berkontribusi yaitu 13,6%, sisanya oleh variabel lain.

 


Full Text:

PDF

References


Adzima, F., & Sjahruddin, H. (2019). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Organisasi dan Manajemen., 11-22.

Harapan, S. B., Bustami, Y., & Syukrawati, &. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Saham Syariah (Studi Kasus Galeri Investasi Syariah IAIN Kerinci). AL-FIDDOH VOL. 2 (2), 75-82.

Ikomnews. (2019, April 25). Teori Sosial Kognitif (Social Cognitive Theory). From www.ilkomnews.com: http://ilkom.unida.gontor.ac.id/teori-sosial-kognitif/

Indonesia, B. E. (2021, April 22). Galeri Investasi BEI & Komunitas Pasar Modal. From www.idx.co.id: https://www.idx.co.id/produk/galeri-investasi-bei-komunitas-pasar-modal/

Keuangan, O. J. (2019, February 21). Hasil Survei Literasi Dan Inklusi Keuangan Nasional Meningkat. Retrieved Februari 21, 2019, p. 16.

Kosasih. (2021, Februari 03). Marak Influencer Saham di Media Sosial, Ini Dampaknya. From www.liputan6.com: https://www.liputan6.com/saham/read/4474437/marak-influencer-saham- di-media-sosial-ini-dampaknya

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke. 13. Jakarta: Erlangga.

KSEI. (2021, November 12). KSEI: Jumlah Investor Pasar Modal Tumbuh 71,42% Sepanjang 2021. From www.Analisadaily.com: https://analisadaily.com/berita/baca/2021/11/12/1024173/ksei-jumlah- investor-pasar-modal-tumbuh-71-42-se

Ladamay, A. Z., Supriyanto, T., & Nugraheni, S. (2021). Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan, Risiko, Imbal Hasil, dan Religiusitas Terhadap Minat Berinvestasi Sukuk Generasi Z di Jakarta. Islamic Economics Journal, 7(2), 161-174.

LLDIKTI3. (2022, Juli 12). Data Statistik Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah III. From www. lldikti3.kemdikbud.go.id: https://lldikti3.kemdikbud.go.id/v6/

Nuzula, N. F. (2020). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Malang: Tim UB Press.

Pertiwi. (2021, February 24). Pengguna Internet Indonesia Tembus 200 Juta, Hampir Semua "Online" dari Ponsel. From www.kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/07020097

Pramesti, E. D. (2022). Pengaruh Knowledge dan Media Sosial terhadap literasi investasi mahasiswa (studi kasus mahasiswa di Di DKI Jakarta). Jakarta: Skripsi Universitas MH THamrin.

Riski, T. R., & Sulistianingsih, H. (2020). Literasi Keuangan, Media Sosial dan Perilaku Keuangan Mahasiswa Dikota Padang. Tri. Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 113-126.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Thaharrah, E., Muchtar, A. M., & Zulmaita. (2021). Strategi Edukasi Pasar Modal Di Era Pandemi Kepada Millennial Indonesia Tahun 2021. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-VII, 7(2), 82-89.

Websindo. (2019). Indonesia-digital-2019-media-sosial. From www.websindo .com: https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Susiana Dewi Ratih, Esty Dita Pramesti, Evi Noviaty, Sutrisno Sutrisno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats