Pengembangan Kurikulum dengan Pendekatan Metode Pembelajaran yang Inovatif Adaptif dan Kolaboratif pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mohammad Husni Thamrin

Helena Louise Penggabean, Danarti Hariani, Lily Nabilah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk melaksanakan pengembangan kurikulum dengan pendekatan Metode Pembelajaran yang Inovatif, Adaptif dan Kolaboratif pada Program studi Manajemen yang mengacu pada capaian pembelajaran. Pengembangan kurikulum dengan menyelaraskannya terhadap Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) memerlukan tahapan konsep kunci yang berguna dalam merumuskan kegiatan pembelajaran (pedagogical content knowledge) dan tahap kata kunci (Key Word) yang berguna dalam merumuskan penguasaan kompetensi (mastery level). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), seminar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh dengan melakukan pengamatan yang terus-menerus, menggunakan teknik triangulasi sumber, membicarakannya dengan orang lain, dan melakukan cross check bersama tim. Analisis penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap; pertama, menemukan gambaran model pengembangan kurikulum manajemen, analisis gambaran hasil dari Tracer Study, analisis SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities and Threats), need assessment dan market signal. Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam upaya pengembangan kurikulum, ditempuh upaya gabungan antara masukan stakeholders dan standar pemerintah.


Full Text:

PDF

References


Djaali Dan Muljono, P. (2004). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Gronlund, N.E., dan R.L. Linn. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching, Edisi keenam. New York: MacMillan Publishing Company.

Hasan, S.Hamid. (2008). Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia., Jakarta: Presiden Republik Indonesia

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 81 tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud

Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya, Cet. Ketujuh.

Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang No. 12 Tahun 2012. Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37012/ileka.v3i2.1370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Helena Louise Penggabean, Danarti Hariani, Lily Nabilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Akuntansi Universitas Mohammad Husni Thamrin  Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats