Cultural Introduction and Learning in Early Chilhood Through Collection Media at The National Museum
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anderson, David. et.al. 2002. ”Children’s Museum Experiences: Identifying Powerful Mediators of Learning” dalam Curator The Museum Journal.hal 2
Aep Saepulloh, Pegawai Negeri Sipil, Pamong Budaya Ahli Pertama/Edukator, wawancara, Museum Nasional Indonesia, Jakarta, 16 Juli 2022
Damai, Adira Reforma et all. 2022. Pengembangan Museum karst sebagai Sentra Pariwisata di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Firmansyah, Hamdan et all. 2021. Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Fauziddin, M dan Mufarizuddin2, Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education dalam Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2 Issue 2 (2018), 162-169 DOI: 10.31004/obsesi.v2i2.76
Gunawan, 2011, Konsep Identitas Nasional dalam Eksebishi di Museum Nasional Indonesia. Tesis Universitas Indonesia. Depok: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia.
Guslinda dan Rita Kurnia. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Pubishing.
Gufron Hidayatulloh, PPNPN Museum Nasional, Asisten Edukator/Pemandu, wawancara, Museum Nasional, Jakarta 9 Juli 2022
Hartati, Umi. Museum Lampung sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Jurnal Historia, Volume 4, Nomor 1 (2016).
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Peraturan Pemerintah No 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2015 tentang Museum.
McCall, V. dan Gray, C. 2014. Museums and the ‘New Museology’: Theory, Practice and Organisational Change. Museum Management and Curatorship. Jakarta.
Pamuji, Kukuh. 2020. Menyelisik Museum Istana Kepresidenan Jakarta. Jakarta: Kreasi Cendekia Pustaka.
Prasetyo Budi Agung, PPNPN Museum Nasional, Asisten Edukator/Pemandu, wawancara, Museum Nasional Indonesia, Jakarta, 2 Juli 2022.
Subikhsu, Ida Bagus Kade dan Gusti Bagus Rai Utama, 2018. Daya Tarik Wisata Museum Sejarah Dan Perkembangannya Di Ubud Bali. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Suryana. Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak, Jakarta: Penerbit Kencana.
Widianto, Harry. 2017. Diakses dari https://kebudayaankemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2017/05/3-Harry-Widianto-Peran-Museum-Sebagai-Sumber-Belajar-IPTEK.pdf di akses pada hari Rabu, 1 Juni 2022
DOI: https://doi.org/10.37012/ejus.v1i1.1215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lina Karlina, Muasisah Jadidah, Sri Nur Afifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Jurnal Inovasi Pendidikan Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.