Uji Resistensi Staphylococcus aureus Terhadap Vancomycin dan Ciprofloxacine Pada Sampel Pasien Pasca Operasi Di RS “Jih Solo”

Gustiar Teo Pamungkas, Ardy Prian Nirwana

Abstract


Infeksi Luka Operasi (ILO) merupakan salah satu komplikasi setelah tindakan pembedahan. Infeksi nosokomial sering terjadi pada pasien bedah karena tindakan melukai jaringan dengan sengaja. Bakteri yang sering menyebabkan terjadinya ILO adalah jenis bakteri Staphylococcus. Resistensi adalah kemampuan bakteri untuk menetralisir dan melemahkan daya kerja antibiotik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui data faktual terkait resistensi bakteri Staphylococcus aureus terhadap antibiotik Vancomycin (30mcg) dan Ciprofloxacin (5mcg) sebagai salah satu bentuk strategi penanganan resitensi bakteri. Metode penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan teknik sampling accidental sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari – Februari 2022 di RS “JIH” Solo. Data sampel yang didapatkan dalam penelitian ini 22 sampel pus dengan data sekunder dan data primer dari Desember 2019 – Februari 2022. Hasil penelitian ini diperoleh Staphylococcus aureus sensitive 100% terhadap vancomicin (30mcg).Staphylococcus aureus sensitive 36%, Intermediet 9%, dan Resisten 55% terhadap Ciprofloxacin (5mcg) dari 22 jumlah sampel pus yang didapatkan di Laboratorium mikrobiologi RS “JIH SOLO” sejak Desember 2019- Februari 2022. Simpulan dari penelitian ini tidak terdapat resistensi Staphylococcus aureus terhadap antibiotik vancomicin (30mcg) dari 22 jumlah sampel pus dan terdapat resistensi Staphylococcus aureus terhadap antibiotik Ciprofloxacin (5mcg) 12 sampel dari 22 sampel pus pada infeksi luka operasi (ILO) di RS “JIH SOLO”.

Kata Kunci : Infeksi Luka Operasi, Reistensi, Staphylococcus aureus


Full Text:

PDF

References


Afifurrahman, K., Husni, S., dan Syahril, A. 2014. Pola Kepekaan Bakteri Staphylococcus aureus terhadap Antibiotik Vancomycin di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang. Palembang : FK Universitas Sriwijaya

Brahmana, I.B dan Setyawati, I. 2020. Evaluasi Pemakaian Antibiotik Profilaksis Ceftriaxone Injeksi dan Cefadroxil Oral Terhadap Penyembuhan Luka Post Sectio Caesarea. Yogyakarta : Universitas Mohamadiyah Yogyakarta.

Chudlori, B., Kuswandini, M., dan Indyayudha, P. 2012. Pola Kuman Dan Resistensinya Terhadap Antibiotika Dari Spesimen Pus di RSUD dr. Moewardi Tahun 2012. Pharmacon, Vol 13 , No 2

Faridah, I.N. 2013. Pola Penggunaan Antibiotik Post Operasi Pada Pasien Yang Menjalani Operasi Gastrointestinal. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

Mardiah. 2017. Uji Resistensi Staphylococcus aureus Terhadap Antibiotik, Amoxillin, Tetracyclin dan Propolis. Jurnal Ilmu Alam dan Lingkunga, 8 (16)1 – 6.

Negara, K.S. 2014. Analisis Implementasi Kebijakan Penggunaan Antibiotika Rasional Untuk Mencegah Resistensi Antibiotika di RSUP Sanglah Denpasar: Sudi kasus infeksi metisilin Staphylocoocus aureus. Bali : Prima Houspital Bali.

Pathak, A., Mahadik, K., Swami, MB., et al. 2017. Incidence And Risk Factors For Surgical Site Infections In Obstetric And Gynecological Surgeries From A Teaching Hospital In Rural India. Jurnal Antimicrobial Resistance & Infection Control.

Pratiwi, Dini Surya. 2013. Kajian Uji Resistensi dan Sensitivitas Antibiotik Ceftriaxone dan Ciprofloxacin Pada Penderita Infeksi Saluran Kemih di RSUP Fatmawati. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah

Rivai, F., Tjahjono Koentjoro., & Adi Utarini. 2013. Determinant of Surgical Site Infection Post-section Caesare. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 8, No. 5 Utami, E. 2012. Antibiotika, Resistensi, dan Rasionalitas Terapi. Journal of Sainstis 2012;

Vol. 1 No. 1.

World Health Organization. 2014. Antimicrobial Resistance. Global Report on

Surveilance, WHO Library, pp. 19.




DOI: https://doi.org/10.37012/anakes.v9i1.889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andy Brian Nirwana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License

Anakes : Jurnal Ilmiah Analis Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats