Hubungan Hasil Jumlah Trombosit Dengan Hasil IgG IgM Pada Pasien DBD Di Laboratorium RS Gading Medika Kota Bengkulu

Mardiyansyah Bahar, Eka Nurdianty Anwar, Lira Fahira

Abstract


Demam berdarah merupakan penyakit yang mudah menular. Sarana penularan demam berdarah sendiri berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan hasil pemeriksaan jumlah trombosit dengan hasil pemeriksaan IgG IgM pada pasien DBD. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium RS Gading Medika Kota Bengkulu pada Tahun 2020 - 2022. Sampel yang digunakan yaitu 162 sampel dan waktu penelitian di laksanakan mulai 30 Maret sampai 31 April 2023. Data yang diambil adalah nama, usia, jenis kelamin, hasil pemeriksaan IgG IgM serta jumlah trombosit. Analisis data menggunakan SPSS dengan uji Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan antara jumlah trombosit dengan hasil IgG IgM pada pasien DBD di Laboratorium RS Gading Medika Kota Bengkulu pada Tahun 2020-2022, yang mana terdapat hubungan berdasarkan hasil Uji Chi Square yaitu nilai sebesar 0,001 (<0,05) dengan artian H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan antara jumlah trombosit dengan hasil IgG IgM pada pasien DBD. Simpulan, hasil pemeriksaan jumlah trombosit pasien DBD yang bersal gigitan nyamuk Aedes aegypti mengalami mengalami trombositopenia dengan didapatkan hasil 8 (4.9%) pasien positif IgG -/IgM +, 120 (74.1%) pasien positif IgG +/IgM - dan 34 (21.0%) pasien positif IgG +/IgM +.

Kata kunci : DBD, IgG IgM dan Trombosit


Full Text:

PDF

References


Az-zahra, Fadhila, Meri Meri, and Yosep Hadiansah. 2022. “Correlation of Hematocrit Value and Platelet Count with IgG and IgM Dengue Antibodies Korelasi Nilai Hematokrit Dan Jumlah Trombosit Dengan Antibodi IgG Dan IgM Dengue.” 2(7): 3021–32.

Harianja, Edison, Fauziyyah Surzanti, La Ode Marsudi, and Didi Irwadi. 2021. “Jurnal Teknologi Laboratorium Medik Borneo Studi Literatur : Gambaran IgG IgM Dengue Pada Anak Dengan Suspek Demam Berdarah Dengue Jurnal Teknologi Laboratorium Medik Borneo.” 1(1): 22–27.

Satriya, Fahri, Mardiono Mardiono, and Reza Diharja. 2020. “Rancang Bangun Alat Monitoring Suhu Tubuh Untuk Pasien Demam Berdarah Menggunakan Smartphone Berbasis Internet Of Things.” Jurnal Bumigora Information Technology (BITe) 2(2): 113–18.

Setyaningrum, Pravita Deasy. 2022. “Hubungan Kadar Hematokrit Dan Trombosit Dengan Tingkat Keparahan Inflamasi Pada Kasus Demam Berdarah Dengue Di Prodia Kebayoran Periode Tahun 2020 – 2021.”

Surya, Chatrine. 2020. “Hubungan Antara Reaktivitas Imunoglobulin M (IgM) Dan Imunoglobulin G (IgG) Dengan Indeks Trombosit Pada Pasien Demam Berdarah Dengue (DBD).”




DOI: https://doi.org/10.37012/anakes.v9i2.1648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mardiyansyah Bahar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License

Anakes : Jurnal Ilmiah Analis Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats