Sensitivitas dan Spesifisitas GeneXpert Pada Suspek Tuberkulosis Di RSAL dr. Mintohardjo

Wirda Affiyanti, Prima Nanda Fauziah, Imas Latifah, Erie Aditia, Masdianto Masdianto

Abstract


Tuberkulosis (TB) paru merupakan penyakit infeksi yang masih menjadi masalah kesehatan dalam masyarakat. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dari kelompok Mycobacterium yaitu Mycobacterium tuberculosis yang menyerang paru – paru. Infeksi akan terjadi apabila orang lain menghirup udara yang mengandung percik renik dahak yang infeksius tersebut. Teknik pemeriksaan untuk menegakkan untuk penyakit ini adalah dengan metode Tes Cepat Molekuler (TCM) menggunakan alat GeneXpert merupakan pemeriksaan molekuler dengan teknologi Nucleic Acid Amplification Technology (NAAT) yang dapat mendiagnosis tuberkulosis dan resistensi terhadap Rifampisin. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai sensitivitas dan spesifisitas GeneXpert pada penderita suspek tuberkulosis paru di Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Mintohardjo. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan data hasil pemeriksaan TCM menggunakan alat GeneXpert di Laboratorium Mikrobiologi RSAL dr. Mintohardjo pada bulan Mei - Juni 2021 sebanyak 523 pasien. Hasil penelitian dari 523 sampel pasien suspek TB paru hasil positif sebanyak 121 sampel dan diperoleh hasil negatif sebanyak 402 sampel dengan nilai sensitivitas 95,04 % dan nilai spesifisitas 100%.  Simpulan, metode TCM dengan alat GeneXpert mampu mendeteksi spesimen yang terdeteksi positif Mycobacterium tuberkulosis dalam waktu yang lebih singkat dan dengan sensitivitas dan spesifisitas yang tinggi.

 

Kata kunci : Sensitivitas dan Spesifisitas, GeneXpert, Mycobacterium tuberculosis, Tuberculosis


Full Text:

PDF

References


Andayani, Sri, dkk. 2017. Prediksi Kejadian Penyakit Tuberkulosis Paru Berdasarkan Usia Di Kabupaten Ponorogo Tahun 2016-2020, Yogyakarta

Andina M. 2012. Deteksi Mycobacterium pada sputum penderita tuberculosis Paru basi ltahan asam negatif dengan reaksi rantai polymerase. USU. Medan.

Alvarez-Sabin, J., dan Roman, G.J. 2011. Citicoline in Vascular Cognitive Impairment and Vascular Dementia After Stroke, American Heart Association

Dinkes Sumatera Utara. 2017. Penyakit-Penyakit Menular. Profil Kesehatan Sumatera Utara Tahun 2016. Dinkes Sumatera Utara. Medan.

Fauziah PN, Romlah S, Arif KA. 2020. Deteksi Mycobacterium tuberculosis dari Kultur MGIT Berdasarkan Gen katG. Jurnal of Indonesian Medical Laboratory and Science. 1(1):1-10.

Henie Widowati, S. 2013. Tuberkulosis Paru. In S. Henie Widowati, Harrison Pulmonologi. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Latifah I, Al Masyani YG, Prima NF. 2021. Gambaran Mikroskopis Mycobacterium tuberculosis Pada Pasien Tuberkulosis di Puskesmas Kota Kaler Sumedang. Anakes: Jurnal Ilmiah Analis Kesehatan. 7(1):45-51.

Rambi, E. V., Makamina, M. A., Mamuay, T., & Binambuni, L. 2017. Gambaran Mikroskopis Hasil Pemeriksaan Basil Tahan Asam (BTA) Menggunakan Teknik Konvensional Dan Teknik Sentrifugasi Sputum . Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Manado, 651-656.

Sondak , M., Porotu’o , J., & Homent, H. 2016. Hasil Diagnostik Mycobacterium Tuberculosis Dari Sputum Penderita Batuk ≥ 2 Minggun Dengan Pewarnaan Ziehl Neelsen Di Puskesmas Paniki Bawah, Tikala Baru Dan Wonasa Manado. Jurnal e-Biomedik (eBm), 4(1), 29-33.

WHO. 2019. Global Tuberculosis report 2019. https://www.who.int/tb/global-report-2019. Widoyono. (2005). Penyakit Tropis Epidemiologi, Penularan. Pencegahan dan Pemberantasanya Erlangga. Jakarta.

Willar ,S., Porotu'o, J., & Waworuntu, O. 2016. Hasil diagnostik Mycobacterium tuberculosis SDGDSHQGHULWDEDWXN minggu dengan pewarnaan Ziehl-Neelsen di Puskesmas Bailang dan Puskesmas Bengkol Manado. Jurnal e-Biomedik, 4(2), 50-62.




DOI: https://doi.org/10.37012/anakes.v9i1.1576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prima Nanda Fauziah, Wirda Affiyanti, Imas Latifah, Erie Aditia, Masdianto Masdianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License

Anakes : Jurnal Ilmiah Analis Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats