Identifikasi Deksametason Pada Jamu Pegal Linu Yang Beredar Di Pasar Cisalak Kota Depok Dengan Metode Kromatografi Lapis Tipis

Eny Purwanitiningsih, Yeshi Mayasari, Fadillah Ningrum

Abstract


Abstrak

Kecenderungan masyarakat untuk kembali ke alam dalam memelihara kesehatan tubuh membuat industri di bidang obat tradisional berusaha meningkatkan kapasitas produksinya. Salah satu obat tradisional yang diminati oleh masyarakat adalah jamu pegal linu. Namun ada beberapa produsen yang menambahkan bahan kimia obat (BKO) dalam jamu. BKO yang sering di tambahkan dalam jamu pegal linu salah satunya adalah Deksametason. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi Deksametason dalam jamu pegal linu yang beredar di Pasar Cisalak kota Depok. Metode yang dilakukan merupakan uji kualitatif dengan Kromatografi Lapis tipis (KLT) hasilnya berupa bercak noda dan perbandingan nilai Rf. Hasil KLT pada sampel B dan E terbentuk noda yang sejajar dengan baku pembanding deksametason dilihat pada sinar UV 254 nm. Nilai Rf baku pembanding yaitu 0, 766, nilai Rf sampel B (0,760), sampel E (0,773). Dari 6 sampel jamu pegal linu yang diuji terdapat 2 sampel (B dan E) yang mengandung bahan kimia obat deksametason. Disarankan melakukan penelitian lebih lanjut terhadap jamu pegal linu dalam bentuk sediaan lain dan pengujian terhadap bahan kimia obat lain seperti Prednison yang diduga sering dicampurkan dalam jamu pegal linu.

 

Kata Kunci      : Deksametason, Jamu Pegal Linu, Kromatografi Lapis Tipis


Full Text:

PDF

References


BPOM RI. 2003. Pedoman Cara Cepat Deteksi Obat Palsu, 2003 Halaman 8. Jakarta

BPOM RI, Persyaratan Keamanan Dan Mutu Obat Tradisional, 2019. https://jdih.pom.go.id/download/product/826/32/2019

BPOM RI. 2021. Siaran Pers Public Warning Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetika Mengandung Bahan Kimia Obat/ Bahan Dilarang , 2021. https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/625/SIARAN-PERS

Handoyo. K. 2014. Jamu Sakti, Jakarta Timur: Dunia Sehat. Halaman 2-64

Katzung, B, dkk. 2017. Farmakologi Dasar & Klinik. Edisi 12, Vol. 2. Terjemahan. EGC. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Farmakope Indonesia Edisi V. Jakarta

Kovar, Auterhoff. 2002. Identifikasi Obat. ITB.

Kemenkes. 2012. Peraturan Menteri Kesehatan RI No 007 tahun 2012 Tentang Registrasi Obat Tradisional. Jakarta.

Permadi. W. Y, Safitri. D. E. 2018. Identifikasi Kandungan Deksametason Dalam Jamu Gemuk Badan Pada Merek Jamu Kianpi Pil Dan Jamu Gemuk Gunasehat Dengan Metode KLT. Pekalongan. STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Pekalongan.

Rubiyanto D. 2017. Metode Kromatografi. CV Budi Utama. Yogyakarta.

Saputra. A. S. 2015. Identifikasi Bahan Kimia Obat Dalam Jamu Pegal Linu Seduh Dan Kemasan Yang Dijual Di Pasar Bandar. Jakarta.

Sidoretno. M. W, Oktaviani. I. 2018. Edukasi Bahan Kimia Obat Yang Terdapat Didalam Obat Tradisional, Univ Abdurrab, Pekanbaru. Pekanbaru.

Siswanto. 2017. Pengembangan Kesehatan Tradisional Indonesia: Konsep, Strategi, dan Tantangan. Jakarta.

UII. 2018. Bahan Kimia Obat dalam Obat Tradisional dan Efek Sampingnya. https://pharmacy.uii.ac.id/bahan-kimia-obat-dalam-obat-tradisional-dan-efek-sampingnya/.

Widyawati. E, Rusdi. B, dan Maulana. T. I. 2015. Identifikasi Kandungan Kortikosteroid (Deksametason, Fenilbutaso, Dan Prednison) Dalam Kandungan Jamu Pegal Linu Yang Beredar Di Empat Pasar Kota Bandung. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37012/anakes.v9i1.1561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eny Purwanitiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License

Anakes : Jurnal Ilmiah Analis Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats