Cara Belajar Efektif Bagi Siswa Dengan Metode Trance Learning Berbasis Teknologi Multimedia

Ahmad Fitriansyah, Sondang Sibuea, Rano Agustino

Abstract


Teknologi multimedia mampu merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi dan menyesuaikan informasi. Bagi pendidik dapat membantu mengembangkan teknik pembelajaran sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal. Demikian juga untuk siswa, multimedia membantu siswa untuk dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien secara mandiri. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kemandirian belajar siswa dapat dilakukan melalui Trance Learning. Trance Learning sendiri merupakan kondisi dimana gelombang otak kita turun dari gelombang beta ke gelombang alfa maupun theta, yang dalam kondisi ini menjadikan pikiran kita cenderung lebih rileks dan fokus terhadap sesuatu. Sehingga dalam kondisi trance ini siswa akan dapat lebih efektif dalam menerima materi yang diberikan dan mengubahnya menjadi pembelajaran mandiri

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada siswa SLTA sederajat agar dapat masuk ke kondisi trance-nya sehingga siswa tersebut dapat fokus dan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru dikelas. Pelatihan diberikan dengan bantuan teknologi multimedia agar siswa lebih mudah menyerap informasi dan mempraktekkannya. Metode pelaksanaan kegiatan dengan melakukan observasi dan wawancara dengan kepala sekolah SMA Santika, kemudian melakukan pelatihan bagi siswa kelas XII. Hasil kegiatan adalah pelatihan bagi 21 siswa kelas XII SMA Santika yang dilaksanakan pada tanggal 16 September 2019 dengan konten multimedia yang disusun oleh tim pelaksana kegiatan dibantu oleh pakar Hypnotherapy bapak Nur Falah. Para siswa terlihat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan


Keywords


Pelatihan; Trance Learning; SWiswa SLTA

Full Text:

PDF

References


Atmawarni. (2011). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran yang Inovatif di Sekolah. Jurnal Perspektif, 4(1), 20–27.

Faruqi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Jurnal Evaluasi, 2(1).

Halsband, U. (2006). Learning in trance: Functional brain imaging studies and neuropsychology. Journal of Physiology-Paris, 99(4–6), 470–482.

Nihayah, Lilis; Retnani, W. (2011). Manfaat Hipnoterapi Terhadap Minat Belajar Bagi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Psikologia (Jurnal Psikologi), 1(1), 1–21.

Ramli, Anwar; Rahmatullah; Inanna; Dangnga, T. (2018). Peran Media dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5–7. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Semiawan, C. dkk. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Grasindo.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v1i2.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Fitriansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats