Membangun Brand Image Melalui Digital Marketing Di Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur

Danarti Hariani, Muhammad Ridwan Effendi, Helena Louise Panggabean

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyrakat  dengan  subtema Membangun Brand Image Melalui Digital Marketing  merupakan salasatu  tema yang disampaikan   dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyrakat   dengan judul  Membangun Brand Image Melalui  Bahasa  Marketing  bagi  ibu-ibu PKK Di kelurahan Gedong , Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Kegiatan Pengabdian Masyrakat ini merupakan kegiatan  yang dilaksanakan lintas prodi yaitu fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komputer dan Fakultas Kesehatan Universitas Mochammad Husni Thamrin dan   masing masing program studi  menyampaikan materinya sesuai dengan kompetensinya.  Tujuan dari kegiatan  pengabdian Masyarakat ini  adalah  memberikan informasi dan pemahaman  kepada para ibu kader PKK kelurahan Kampung Gedong  agar mampu membangun Brand image produk dan layanan bagi  usaha rumahannya guna memperoleh penghasilan tambahan untuk keluarga. Salahsatu  subtema yang disampaikan adalah membangun brand image melalui digital marketing.

Ibu-ibu PKK di kelurahan gedong ini  sebagian besar adalah ibu rumah tangga yang mempunyai usaha rumahan yaitu aneka ragam kuliner yang diperjualbelikan di masyarakat sekitar. Potensi berwirausaha ibu-ibu kader PKK ini cukup besar namun minimnya pengetahuan  dan pemahaman terhadap kemampuan membangun  brand image  terhadap produk  usaha mereka menyebabkan bisnis rumahan mereka cenderung kurang berkembang dan terbatas. Selama ini, promosi yang dilakukan oleh Ibu – Ibu PKK adalah promosi tradisional, yaitu promosi dari mulut ke mulut dan hanya disekitaran lingkungan tempat tinggal mereka.  Di era digital saat ini, salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap orang,termasuk  Ibu – Ibu PKK adalah Internet. Internet merupakan sarana Digital Marketing yang dapat digunakan untuk melakukan promosi usahanya , sehingga usahanya dapat lebih dikenal oleh banyak pihak. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya seminar  ini, Ibu – Ibu PKK dapat memanfaatkan internet melalui Handphone mereka untuk memperkenalkan produk yang mereka buat kepada pihak luar.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan  melalui acara seminar pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Gedong yang dihadiri oleh ibu-ibu kader PKK dengan kuota terbatas karena dilakukan pada masa PPKM  Pandemi Covid-19.dan secara keseluruhan bisa  berjalan dengan baik dan peserta sangat antusias dalam mengikuti selama kegiatan. Harapan peserta agar kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan oleh Universitas MH. Thamrin, karena melalui kegiatan ini dapat memberikan informasi , pengetahuan serta pemahaman  mengenai Pemberdayaan wanita sehingga  mampu berperan  sebagai motor penggerak ekonomi keluarga dan masyarakat.

 

Kata Kunci: Pengabdian kepada Masyarakat , Brand Image,Digital Marketing, Ibu PKK Kelurahan Gedong


Full Text:

PDF

References


Antonius Satria Hadi, Ardhi Khairi, Pemilihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada Kelompok Ibu PKK Desa Gadingharjo,2020, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127-132. https://doi.org/10.31849

Agustino, R., Sopian, A., Djaali, N.A., Wiyatno, A. and Saputro, M.I., 2021. Pelatihan Penggunaan Aplikasi SILPPM Pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Universitas Mohammad Husni Thamrin. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 3(1), pp.17-21.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Irwan Setiawan, Fitri Diani, Pemanfaatan Intenet Marketing Untuk Mempesiapkan Masyarakat Kreatif dan Berjiwa Wirausaha Mandii di Lingkungan Warga PKK Kelurahan Sarijadi dan Ciwaruga,Kabupaten Bandung,2019, Jurnal Difusi Volume 2, No.2 Juli 2019

Ria Zulkha Ermayda*, Hanjar Ikrima Nanda, Dwi Narullia,Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaan Ibu-ibu PKK Desa Sutojayan, Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, Vol.3 No.2, November 2019

Yunita Sari Siregar, Boni Oktaviana Sembiring,2022. Pelatihan Penggunaan Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital Produk Ibu PKK Di Desa Sei Mencirim,2022, Jurnal Literasi, Politeknik Negeri Ketapang,Kalimantan Barat




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i1.865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Ridwan Effendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats