Edukasi Akupresur Mandiri untuk Masalah Kesehatan selama Pandemi Covid-19

Wahyuningsih Djaali, Bazzar Ari Mighra

Abstract


Masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat pandemi Covid ini antara lain adalah stress, insomnia, hingga ketakutan yang berlebihan akibat tingginya kasus kematian yang dapat menyebabkan depresi. Selain itu, dengan adanya “new normal” dan “working from home” yang mengharuskan seseorang bekerja berlebihan di depan layar komputer, dapat menyebabkan berbagai keluhan seperti sakit kepala, mata lelah dan nyeri tengkuk. Masalah kesehatan ini akan mengganggu apabila tidak diobati. Akupresur yang dari berbagai penelitian telah terbukti efektif untuk berbagai keluhan seperti nyeri dan stress, diharapkan dapat membantu mengurangi keluhan yang ada tanpa seseorang harus berobat ke fasyankes. Oleh karena itu, masyarakat di era pandemi seperti saat ini, perlu diberikan pengetahuan mengenai akupresur dan diberikan pelatihan untuk mampu melakukan akupresur secara mandiri di rumah. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan penyuluhan mengenai manfaat akupresur dan pelatihan untuk melakukan akupresur secara mandiri di rumah. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan cara melakukan penyuluhan langsung kepada masyarakat di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hasil kegiatan penyuluhan ini menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan peserta penyuluhan secara bermakna mengenai akupresur dan manfaatnya terhadap kesehatan selama Pandemi Covid-19.

 

Kata Kunci: akupresur, masalah kesehatan, pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


World Health Organization [Internet]. Available from: https://covid19.who.int/

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Infeksi emerging: media informasi resmi terkini penyakit infeksi emerging [Internet]. Available from: https://infeksiemerging.kemkes.go.id/

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat Covid-19 di Indonesia. 23 Maret. 2020;1–38.

Adam, M. (2011), Pengaruh Akupresur Terhadap Kekuatan Otot Dan Rentang Gerak Ekstremitas Atas Pada Pasien Stroke Pasca Rawat Inap Di RSUP Fatmawati Jakarta, Depok : Universitas Indonesia.

Buku Pedoman Akupresur untuk Kesehatan Lanjut Usia di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI. 2016.

Dupler, Douglas. (2005). Gale Encyclopedia of Alternative Medicine. Acupressure. http://www.encyclopedia.com/topic/Acupressure.aspx. February 15, 2011.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i1.789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wahyuningsih Djaali, Bazzar Ari Mighra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats