Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pengendali Mutu Dalam Pengemasan Air Minum Dalam Botol Berbasis Image Processing

Chaerur Rozikin, Aries Suharso, Kusnadi Kusnadi, Ultach Enri, Dhea Indahsari

Abstract


Dalam dunia perindustrian, kualitas atau mutu produk dan produktivitas adalah kunci keberhasilan bagi berbagai sistem produksi (Parwati & Sakti, 2012). Kontrol terhadap mutu produk bertujuan untuk meminimalkan hasil produk yang cacat (Hariastuti, 2015). Pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mengenai penggunaan aplikasi pengendali mutu dalam pengemasan air minum yang lebih mudah dan praktis. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan cara pelatihan terhadap 30 Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang. Pelatihan  dilaksanakan dengan melakukan kegiatan demonstrasi mengenai aplikasi yang digunakan sebagai pengendali mutu dalam pengemasan air minum dalam botol berbasis image processing. Aplikasi ini berfungsi untuk menghitung jumlah botol dalam kardus, sehingga lebih akurat dan meminimalisir kurangnya jumlah botol di dalam kardus yang akan didistribusikan kepada konsumen. Hasil dari pelatihan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan kemampuan peserta dalam menggunakan aplikasi pengendali mutu dalam pengemasan air minum dalam botol berbasis image processing yang ditunjukan dengan kenaikan rata-rata hasil kuesioner mengenai aplikasi dari 43,6% menjadi 92,8%.


Full Text:

PDF

References


Alisjahbana, J. (2005). Evaluasi Pengendalian Kualitas Total Produk Pakaian Wanita Pada Perusahaan Konveksi. Journal of Economics, Business, & Accountancy.

Hariastuti, N., L., P. (2015). Analisis Pengendalian Mutu Produk Guna Meminimalisasi Produk Cacat. Seminar Nasional IENACO.

Hidayati, E. (2015). Pengendalian kualitas air minum dalam kemasan galon “SWA 19” liter di PT. Swabina Gatra Gresik.

Humas, & D. (2020). Sinergi Badan POM dan Lintas Sektor, Perkuat Pengawasan Air Minum. Diperoleh dari BADAN POM: Retrieved from https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/18925/Sinergi-Badan-POM-dan-Lintas-Sektor--Perkuat-Pengawasan-Air-Minum-.html.

Kurniawan, Y. I. (2016). Pelatihan Aplikasi Pengukuran Minat Kejuruan Siswa Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se-Jawa Tengah. Warta LPM.

Parningotan, S., & Mulyanto, T. (2020). Rancang Bangun Prototipe Alat Penghitung Produk Secara Otomatis Dengan Konsep Internet Of Thing (Iot) Berbasis Mikrokontroler (Arduino Uno). Jurnal Elektro Luceat. https://doi.org/10.32531/jelekn.v6i1.180

Parwati, C. I., & Sakti, R. M. (2012). Pengendalian Kualitas Produk Cacat Dengan Pendekatan Kaizen dan Analisis Masalah Dengan Seven Tools. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III.

Refangga, M. A., Musmedi, D. P., & Gusminto, E. B. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan dengan Menggunakan Statistical Process Control (SPC) dan Kaizen Pada PT. Tujuh Impian Bersama Kabupaten Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi.

Rishna. (2019). Memanfaatkan Peran Penting Teknologi untuk produktivitas. Diperoleh dari Talenta: Retrieved from https://www.talenta.co/blog/teknologi-talenta/peran-penting-teknologi-untuk-produktivitas/

Santoso, B. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i1.785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ultach Enri enri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats