PENGEMBANGAN INOVASI PRODUKSI FOLDING PACKAGING UNTUK MENAIKKAN NILAI JUAL PRODUK UKM

Heribertus Rudi Kusmantoro, Rahmanita Vidyasari, Mochamad Yana Hardiman, Endang Yuniarti

Abstract


Dalam masa pandemi covid-19, salah satu UKM yang berhasil berjalan dimasa sulit ini adalah UKM di bidang makanan khususnya ayam goreng crispy. Ayam goreng crispy mempunyai karateristik yang cenderung renyah dan berminyak, kemasan ayam goreng crispy mayoritas menggunakan kertas sejenis HVS yang tipis dan mudah menyerap minyak sehingga membuat tampilan produk saat dibungkus menjadi kurang menarik. Untuk mempertahankan kerenyahan dan mengurangi kemasan yang rusak yang disebabkan oleh minyak, dibutuhkan kemasan yang sesuai untuk ayam goreng crispy. Tujuan utama dari kegiatan pengabdian masyarakat program kelompok dosen ini adalah untuk melakukan pendampingan kepada UKM ayam goreng crispy dalam melakukan pembaharuan kemasan produk yang praktis dan dapat meningkatkan nilai jual produk. Kegiatan ini terdiri beberapa tahap diantaranya 1) pembuatan alat sablon dan folding packaging, 2) edukasi tentang pentingnya kemasan suatu produk, 3) pelatihan penggunaan alat sablon, 4) penyerahan alat dan material. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan UKM ayam goreng crispy memiliki nilai tambah dari faktor fungsional, ergonomis dan juga faktor estetika sehingga menaikkan nilai jual produk dan dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Full Text:

PDF

References


. Kusumantoro, HB Rudi. Aplikasi Kansei Engineering dan Fuzzy Analytical Hierarchical Process dalam Pengembangan Desain Kemasan. Jurnal Penelitian

. Deshwal, Gaurav Kr, and Narender R, Alam, Tanweer Panjagari. 2019. "An Overview of Paper and Paper Based Food Packaging Materials: Health Safety and Environmental Concerns." Journal of Food Science and Technology 56 (10): 4391–4403. doi:10.1007/s13197-019-03950-z.

. Sari, Novi P. 2019. Perencanaan dan Pengembangan Kemasan: KanseiEngineering. Jakarta: PNJ Press.

. Sari, Novi P, Joshua Immanuel, and Annisa Cahyani. 2020. "Aplikasi Kansei Engineering Dan Fuzzy Analytical Hierarchical Process Dalam Pengembangan Desain Kemasan." Journal Printing and Packaging Technology (PNJ) 1 (1): 9- 21. Accessed Mei 17, 2021. http://jurnal.pnj.ac.id/index.php/ppt/article/view/246

. Mukhtar, Syukrianti, and Muchammad Nurif. 2015. "PERANAN PACKAGING DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI." Jurnal Sosial Humaniora 8 (2): 181-191.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v4i1.781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Heribertus Rudi Kusmantoro, Rahmanita Vidyasari, Mochamad Yana Hardiman, Endang Yuniarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats