Literasi Pilihan Karir Bagi Lulusan SMK Negeri 63 Jakarta Selatan
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyrakat dengan judul Literasi Pilihan karir kepada siswa/siswi SMKN 63 Jakarta meupakan kegiatan hibah internal Pengabdian Kepada Masyrakat yang didanai oleh Universitas Mohammad Husni Thamrin melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tujuan Kegiatan ini adalah adalah Menumbuhkan kesadaran atas kemampuan diri siswa kelas III SMK 63 dalam memilih karir setelah menyelesaikan studinya serta memberikan informasi dan pemahaman yang baik tentang beberapa pilihan karir siswa SMK 63,Jakarta antara lain : studi di perguruan tinggi,terjun di dunia kerja serta peluang berwirausaha mandiri melalui pemanfaatan teknologi.SMK 63 Jakarta merupakan sekolah Kejuruan berbasis pertanian yang melahirkan lulusan dengan ketrampilan di bidang pertanian dan siap memasuki dunia kerja,khususnya di sektor pertanian. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa banyak para alumni menghadapi permasalahan dalam menentukan pilihan karir mereka. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara online karena dilakukan pada masa Pandemi Covid-19 dan secara keseluruhan bisa berjalan dengan baik dan peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan literasi Harapan peserta agar kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan oleh Universitas Mohammad Husni Thamrin, karena melalui kegiatan ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan tentang pilihan karir, utamnya alumni SMKN 63 Jakarta.
Full Text:
PDFReferences
Ana Rokhayati , Roni Kambara , Mahdani Ibrahim,Pengaruh Soft Skill dan Perencanaan Karir Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kualitas Pelatihan sebagai Variabel moderator (Studi empiris pada PT. Krakatau Tirta Industri Cilegon)
Kurnia Sari dan Vella Auliya Istiqoma, Upaya Meningkatkan kemampuan Perencanaan Karir Melalui bimbingan karir Media Mind Mapping, Jurnal Wahana Konseling (Vol. 2, No. 1, Maret 2019) http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/56900/Chapter II.
Priska Rieftiana Rizqi, Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Melalui Layanan Informasi Karier pada Siswa Kelas XI Administrasi (AP) 1 SMK Negeri 2 Tegal Skripsi Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan ,Universitas Neger ,2014
Twi Tandar Atmaja,2014, Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul, PSIKOPEDAGOGIA©2014 Universitas Ahmad Dahlan2014. Vol. 3, No.2
Galuh Hartinah, Mungin Eddy Wibowo,Imam Tadjri, Jurnal Bimbingan Konseling, ISSN 2252-6889,Vol 4, No.1,2015.
Mulyo Teguh, GERAKAN LITERASI SEKOLAH DASAR, PROSIDING SEMINAR NASIONAL 15 MARET 2017
Nur Ainiyah, Membangun Penguatan Budaya literasi media dan informasi dalam dunia pendidikan, JPII Volume 2, Nomor 1, Oktober 2017
Alnisa Min Fadlillah, Dienni Ruhjatini, Edukasi perencanaan karir bagi siswa- siswi SMA di Kecamatan Limo, Depok, Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 3, No. 3, Desember 2019, Hal. 327-340 ISSN: 2580-2569; e-ISSN: 2656-0542
DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i2.753
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muhammad Ridwan Effendi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.