Literasi Pilihan Karir Bagi Lulusan SMK Negeri 63 Jakarta Selatan

Danarti Hariani, Muhammad Ridwan Effendi, Helena Louise Panggabean

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyrakat  dengan judul  Literasi Pilihan  karir  kepada siswa/siswi SMKN 63 Jakarta  meupakan kegiatan hibah internal  Pengabdian Kepada Masyrakat  yang didanai oleh  Universitas Mohammad Husni Thamrin melalui Lembaga Penelitian dan  Pengabdian Kepada Masyarakat. Tujuan Kegiatan ini adalah  adalah Menumbuhkan kesadaran atas kemampuan diri siswa  kelas III SMK 63 dalam memilih karir setelah menyelesaikan studinya serta memberikan informasi dan pemahaman yang baik tentang beberapa  pilihan karir siswa SMK 63,Jakarta  antara lain : studi di perguruan tinggi,terjun di dunia kerja serta peluang  berwirausaha mandiri melalui pemanfaatan teknologi.SMK 63 Jakarta merupakan sekolah Kejuruan berbasis pertanian yang melahirkan lulusan dengan ketrampilan di bidang pertanian dan siap memasuki dunia kerja,khususnya di sektor pertanian. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa  banyak para alumni menghadapi permasalahan dalam menentukan  pilihan karir mereka. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara online karena dilakukan pada masa Pandemi Covid-19 dan secara keseluruhan bisa  berjalan dengan baik dan peserta sangat antusias dalam mengikuti  kegiatan literasi  Harapan peserta agar kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan oleh Universitas Mohammad Husni Thamrin, karena melalui kegiatan ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan tentang pilihan karir, utamnya alumni SMKN 63 Jakarta.


Full Text:

PDF

References


Ana Rokhayati , Roni Kambara , Mahdani Ibrahim,Pengaruh Soft Skill dan Perencanaan Karir Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kualitas Pelatihan sebagai Variabel moderator (Studi empiris pada PT. Krakatau Tirta Industri Cilegon)

Kurnia Sari dan Vella Auliya Istiqoma, Upaya Meningkatkan kemampuan Perencanaan Karir Melalui bimbingan karir Media Mind Mapping, Jurnal Wahana Konseling (Vol. 2, No. 1, Maret 2019) http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/56900/Chapter II.

Priska Rieftiana Rizqi, Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Melalui Layanan Informasi Karier pada Siswa Kelas XI Administrasi (AP) 1 SMK Negeri 2 Tegal Skripsi Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan ,Universitas Neger ,2014

Twi Tandar Atmaja,2014, Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul, PSIKOPEDAGOGIA©2014 Universitas Ahmad Dahlan2014. Vol. 3, No.2

Galuh Hartinah, Mungin Eddy Wibowo,Imam Tadjri, Jurnal Bimbingan Konseling, ISSN 2252-6889,Vol 4, No.1,2015.

Mulyo Teguh, GERAKAN LITERASI SEKOLAH DASAR, PROSIDING SEMINAR NASIONAL 15 MARET 2017

Nur Ainiyah, Membangun Penguatan Budaya literasi media dan informasi dalam dunia pendidikan, JPII Volume 2, Nomor 1, Oktober 2017

Alnisa Min Fadlillah, Dienni Ruhjatini, Edukasi perencanaan karir bagi siswa- siswi SMA di Kecamatan Limo, Depok, Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 3, No. 3, Desember 2019, Hal. 327-340 ISSN: 2580-2569; e-ISSN: 2656-0542




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i2.753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Ridwan Effendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats