Peningkatan Kesadaran Anti Pelecehan Seksual Melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi

Laily Hanifah, Nur Asniati Djaali, Arga Buntara

Abstract


Kasus kekerasan pada anak menjadi permasalahan serius di Indonesia, salah satu jenis kekerasan pada anak adalah pelecehan seksual atau kekerasan seksual. Anak yang mengalami pelecehan atau kekerasan seksual akan mengalami trauma psikologis jangka panjang dan bisa berdampak fatal jika sampai bunuh diri. Orangtua harus bertanggung jawab untuk mendidik anak mereka termasuk merawat dan mendidik mereka agar mandiri dan menjaga dirinya agar terhindar dari segala bentuk kekerasan termasuk pelecehan seksual. Oleh karena itulah, orang tua perlu diberikan pemahaman dan edukasi tentang bagaimana cara menyampaikan informasi tentang Kesehatan reproduksi dan pencegahan pelecehan seksual. Pendidikan diberikan menggunakan teknologi informasi untuk mempermudah dan memperkuat komunikasi antar individu maupun antarkelompok, untuk mengatasi masalah di masyarakat, termasuk melakukan edukasi untuk orang tua siswa dan sekolah. Tujuan program kemitraan masyarakat ini adalah untuk meningkatkan peran orangtua siswa dalam mendukung program sekolah mengenai pencegahan pelecehan seksual melalui pendidikan kesehatan reproduksi menggunakan video. Mitra kegiatan ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Mumtaza Islamic School yang berlokasi di sekitar Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Solusi yang ditawarkan melalui kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan orangtua siswa melalui penyuluhan dan edukasi tentang pendidikan Kesehatan reproduksi pada anak, serta upaya mencegah pelecehan seksual di sekolah atau di ruang public. Kegiatan ini diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan bagi orang tua dalam melakukan edukasi ke anak melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Full Text:

PDF

References


Djaali, N. A., Wijayanti, W., Widodo, Y. B., & Simaibang, F. H. (2019). Pembentukan Duta Cilik Anti Pelecehan Seksual Melalui Pendidikan Reproduksi Dini Di SDN Bambu Apus 01 Jakarta Timur. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 1(2), 76-86. doi: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v1i2.134

Fuad, A., & Batubara, S. (2020). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Penyakit Menular Seksual (PMS) Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Banuhampu Kabupaten Agam Sumatera Barat Tahun 2018. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 09-16.

Hastuti, S. (2014). Pendidikan Seksual Anak Di Tk Dan SD. Jurnal Sanata Dharma Berbagi, Yogyakarta, 1.

Joni, I. D. A. M., & Surjaningrum, E. R. (2020). Psikoedukasi Pendidikan Seks Kepada Guru dan Orang Tua Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak. JURNAL DIVERSITA, 6(1), 20-27.

Margaretta, S. S., & Kristyaningsih, P. (2021). EFFEKTIFITAS EDUKASI SEKSUAL TERHADAP PENGETAHUAN SEKSUALITAS DAN CARA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK USIA SEKOLAH. Paper presented at the Prosiding Seminar Hasil Penelitian 2020.

Marsilia, I. D., & Fitri, D. M. (2020). Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak Paud tentang Kekerasan Seksual di Kec. Batu Ampar Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau (Studi Kasus Penelitian Kualitatif). Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(2), 252-259.

Maryuni, M., & Anggraeni, L. (2017). Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Secara Dini pada Anak Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, 4(3), 135-140.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatan & ilmu perilaku.

Pakpahan, M., Siregar, D., Susilawaty, A., Tasnim, T., Ramdany, R., Manurung, E. I., . . . Maisyarah, M. (2021). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan: Yayasan Kita Menulis.

Ridwan Budi Pramono, R. B. P. (2017). Pendidikan Seksual Berbasis Budaya sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak di Indonesia.

Rustika, I. M. (2012). Efikasi diri: tinjauan teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1-2), 18-25.

Sholichah, A. M. a., Yuliastuti, A. N., & Happy, T. A. (2020). Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Seksual Pranikah Remaja Desa Lebak Pracimantoro. NERSMID: Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 3(1), 43-56.

Sipahutar, I. E. (2020). EDUKASI DENGAN MEDIA KOMIK TERHADAP EFIKASI DIRI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK USIA SEKOLAH. JURNAL GEMA KEPERAWATAN, 13(2).

Virgia, V. (2020). Analisis Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Dasar Tentang Pendidikan Seks Usia Dini. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 12(1), 6-6.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i2.747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Laily Hanifah, Nur Asniati Djaali, Arga Buntara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats