Sosialisasi Perkembangan Pengetahuan dan Pemeriksaan Covid-19 di Universitas Mohammad Husni Thamrin

Prima Nanda Fauziah, Lenggo Geni, Mahmudah Mahmudah, Zuraida Zuraida

Abstract


Saat ini, dunia sedang dilanda pandemi yang cukup membahayakan, yaitu Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Pemerintah Indonesia telah menetapkan status darurat bencana terkait dengan pandemi virus ini. Salah satu langkah efektif untuk memutuskan rantai penularan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Namun demikian, masih banyak masyarakat yang tidak mengikuti protokol tersebut. Sebagai upaya pencegahan dini, maka dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada dosen dan mahasiswa untuk dapat mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah kesehatan yang dihadapi di masyarakat. Kegiatan PkM kali ini berupa sosialisasi secara daring dalam bentuk webinar dengan judul "Peningkatan Pengetahuan Covid-19 pada Mahasiswa” dengan peserta adalah mahasiswa jurusan Analis Kesehatan, Universitas Mohammad Husni Thamrin, Jakarta. Webinar yang dilakukan terdiri dari paparan materi terkait perkembangan Covid-19 dan juga teknik pemeriksaan laboratorium Covid-19 sebagai wawasan tambahan, serta adanya pre-test dan post test. Hasil kuisioner menunjukkan peserta dari Universitas Mohammad Husni Thamrin ini dalam keadaan sehat, namun untuk tingkat kesadaran terhadap kesehatan masih kurang yang ditandai dengan pola hidup yang kurang sehat, jarang berolahraga dan jarangnya memeriksaan diri kepelayanan kesehatan. Terlihat adanya kenaikan nilai antara nilai pre-test dengan nilai post-test setelah dilakukan sosialisasi. Hasil kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih meningkatkan promosi kesehatan maupun pengetahuan mengenai Covid-19

Kata Kunci: Covid-19, PkM, Sosialisasi, Webinar.

Full Text:

PDF

References


Setiati, S., Azwar, M.K. (2020). Covid-19 and Indonesia. Acta Medica Indonesiana, 52(1)., 84-9.

Adhikari, S.P., Meng, S., Wu, Y.J. (2020). Epidemiology, causes, clinical manifestation and diagnosis, prevention and control of coronavirus disease (COVID-19) during the early outbreak period: a scoping review. Infect Dis Poverty, 9(1):29.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Info Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Natalia, R. N., Malinti, E., & Elon, Y. (2020). Kesiapsiagaan Remaja Dalam Menghadapi Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(2).

Anggreni, D., Safitri, C.A. (2020). Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang Covid-19 Dengan kepatuhan Dalam menerapkan protokol Kesehatan Di Masa New Normal. Hospital Majapahit Vol 12 No. 2 November 2020. 12(2), 134–142.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i2.702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prima Nanda Fauziah, Lenggo Geni, Mahmudah Mahmudah, Zuraida Zuraida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats