Peran Istri Nelayan dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Pulau Tidung

Laili Muzdalifah, Wati Nilamsari

Abstract


Pulau Tidung merupakan kawasan yang terletak di Kepulauan Seribu Selatan, wilayah yang terletak di dekat pesisir pantai. Kondisi yang di miliki Pulau Tidung membuat mayoritas penduduknya bergantung pada sektor perikanan. Karena letak yang berdekatan dengan pantai menjadikan pekerjaan yang dominan tertinggi yakni, nelayan dalam hal ini peran di antara suami dan istri turut andil. Sejumlah istri nelayan tidak hanya sibuk dalam mengurus kegiatan rumah seperti membersihkan pakaian keluarga memasak, menyediakan makanan, membersihkan rumah, mencuci pakaian, dan mendidik anak. Akan tetapi lebih dari itu, sudah menjadi konsekuensi istri nelayan yang terkadang pendapatan hasil nelayan tidak menentu setiap waktu karena itu keterlibatan istri nelayan dalam membantu menopang perekonomian keluarga dan mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari menciptakan peran ganda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran istri nelayan dalam meningkatkan perekonomian rumah tangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif atau studi kasus. Sedangkan untuk pengambilan informan diambil secara purposive sampling yakni, teknik wawancara secara mendalam dan observasi langsung. Bahwa peran istri nelayan antara lain sebagai penjual ikan dan sebagai pemeran kedua dalam menunjang ekomoni keluarga.

Kata Kunci: Peran, Istri Nelayan, Rumah Tangga.


Full Text:

PDF

References


Maulana F., & Rikrik R., (2016). Peran Istri Nelayan dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga (Studi Kasus di Desa Panjajab, Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas). Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan.

Polaria M., Djuwita R.R. Al., & Florence V. L. (2017). ‘’Peran Perempuan Penjual Ikan Keliling dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kelurahan Tumampa Dua Kecamatan Tuminting Kota Manado’’. Jurnal Ilmial Agrobisnis Perikanan.

Noviana B., Grace O.T., & Victoria E.N.M. (2019). ’Peran Istri Nelayan dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kelurahan Pasir panjang Kecamatan Lembeh Selatan Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara’’. Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan.

Andi K., (2017) ‘’Peran Istri Nelayan dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Keluarga’’. Jurnal Saintek Maritim.

Wahyu N.S., ‘’Peran dan Potensi Wanita dalam Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi Keluarga Nelayan’’. Journal of Educational Social Studies.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Seribu. (2021). Kabupaten Kepulauan Seribu dalam Angka 2021. CV. Dharmaputra

Mantjoro, E., O. Pontoh. (2003). Sosiologi Pedesaan Nelayan. Seri Dokumentasi dan Publikasi Ilmiah. Sosial Ekonomi Perikanan. Universitas Sam Ratulangi, Manado

Mantra, Ida Bagus. (2003). Demografi Umum, Jakarta : Pustaka Raja

Widodo. (2012). Peran Perempuan Dalam Sistem Nafkah Rumah Tangga Nelayan Prosiding Seminar Nasional : Jawa Timur. Kedaulatan pangan dan Energi Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo.

Koeshendrajana, S., T. Apriliani dan M. Fidaus. (2012). Peningkatan Efektifitas dan Efisiensi Usaha Perikanan Tangkap Laut Skala Kecil Melalui Fasilitasi Peta Perkiraan “Fishing Ground”. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan Vol.2 No.1. Jakarta.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta), 300.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i2.670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Laili Muzdalifah, Wati Nilamsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats