Pelatihan Kewirausahaan Melalui Optimasi Marketplace dan Pengemasan Produk Sebagai Strategi Meningkatkan Penjualan Usaha Rumahan Masyarakat di Kelurahan Kalimulya Depok

Novitasari Novitasari, Hastuti Redyanita, Mia Andika Sari, Rodiana Listiawati, Heri Abrianto

Abstract


Perkembangan digitalisasi ekonomi diyakini menjadi jalan keluar bagi UMKM ataupun usaha rumahan untuk bertahan ditengah-tengah krisis akibat pandemi Covid-19. Namun dari total UKM yang ada, baru sedikit yang terhubung dengan pasar daring atau marketplace. Kendala utama yang membuat usaha rumahan sulit diajak beralih ke marketplace adalah karena rendahnya pemahaman teknologi dari para pelaku usaha itu sendiri. Kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi DIII Keuangan dan Perbankan PNJ bertujuan untuk membantu mitra mengoptimasi marketplace sebagai sarana digital marketing dan bagaimana memilih pengemasan produk. Pelatihan dilaksanakan di Sekretariat RW.02 Kelurahan Kalimulya Depok pada tanggal 1 September 2021 dengan peserta pelatihan sejumlah 20 mitra. Pelaksanaan pelatihan meliputi (1) penjelasan mengenai cara memilih kemasan produk yang aman, berkualitas dan menarik, (2) pemaparan materi mengenai cara membuat naskah iklan yang menarik (copywriting), (3) praktik membuat akun toko di Shopee. Hasil dari pelatihan ini mitra pelatihan dapat memahami dan memiliki keterampilan memilih bahan kemasan produk yang aman, mitra pelatihan dapat membuat naskah iklan sendiri dan sudah memiliki akun toko di Shopee yang digunakan secara aktif untuk berjualan.

Kata Kunci: Usaha Rumahan, Kemasan, Copywriting, Marketplace.


Full Text:

PDF

References


A. Manap, Manajemen Kewirausahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2018.

skalanews, “Kemkominfo: Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen,” kominfo.go.id, 2019. https://kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesia-capai-78-persen/0/sorotan_media (accessed Nov. 08, 2020).

Arum Sutrisni Putri, “Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia,” www.kompas.com, 2019.

Kompas, “Gandeng Marketplace Pemerintah Ajak UMKM Muai Berjualan Online,” biz.kompas.com, Apr. 24, 2018.

Soraya Novika, “Ini Penyebab UMKM Banyak Yang belum Masuk Matrketplace,” finance.detik.com, 2020.

T. Pradiani, “Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan.,” J. Ilm. Bisnis Dan Ekon. Asia, vol. 11, no. 2, pp. 46–53, 2017.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i2.668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Novitasari Novitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats