Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul di Era Milenial

Fery Herna Ningsih, Ahmad Rojikun

Abstract


Pendidikan non-formal sebagai bagian dari sistem pendidikan memiliki tugas sama dengan pendidikan lainnya (pendidikan formal) yakni memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat. Membangun Sumber Daya Manusia yang unggul di Era Milenial merupakan tantangan besar bagi persahaan. Strategi pengelolaan SDM  dapat dianalisis dengan model AMO (Ability, Motivation, Opportunity). Tujuan kegiatan ini yaitu membekali warga belajar dengan berbagai keterampilan untuk masa depan mereka, memberikan tutorial tentang tata cara menjadi seorang wirausaha secara teori ataupun praktek, memberikan kesempatan belajar bagi warga masyarakat untuk menuntut ilmu, meningkatkan kinerja pengelola PKBM yang profesional, menciptakan didikan yang mempunyai karakter dan berkompetensi tinggi. Pendekatan metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan penyuluhan tentang berbagai  keterampilan dan berwirausaha, simulasi dan praktikum dilakukan dengan melakukan kegiatan membuat rencana usaha tiap kelompok lalu mempresentasikan serta masing - masing kelompok mengimplementasikan rencana usaha tersebut dengan bimbingan para instruktur dan guru. Hasil dari pengabdian masyarakat adalah peserta didik termotivasi untuk menuntut ilmu, program kemandirian berwirausaha dan  program pelatihan ketrampilan sebagai bekal bagi peserta didik apabila kelak setelah lulus dari PKBM  tidak mau bekerja di industri atau perusahaan, bisa membuka usaha sendiri, menjalin kemitraan kerja yang bekerjasama, baik dari lembaga pemerintah dan lembaga swasta.

Kata kunci: Pendidikan Non Formal, Sumber Daya Manusia, Era Milenial.


Full Text:

PDF

References


Fareed, M. et al. (2016) ‘Developing Human Capital for Sustainable Competitive Advantage : The Roles of Orga¬nizational Culture and High Performance Work System’, 10(4), pp. 655–673.

Armstrong, M. and Brown, D. (2019) ‘Strategic Human Resource Management : Back to the future ? A literature review’, (February).

Alma, Buchari (2016), Kewirausahaan untuk mahasiswa dan umum, Jakarta Bina Aksara.

Supardi, Suparman. (2010). Gaya mengajar yang menyenangkan siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i1.618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fery Herna ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats