Pelatihan Penyusunan Proposal Kredit Yang Bankable dan Feasible Untuk Para Pelaku Usaha Kecil di Kota Depok

Novitasari Novitasari, Mia Andika Sari

Abstract


Pemerintah bertekad meningkatkan kemandirian ekonomi, dan daya saing di pasar internasional melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pemberian fasilitas kredit dapat meningkatkan kemampuan permodalan UMKM. Kelompok UMKM di Kotamadya Depok masih kesulitan memperoleh kucuran kredit dari sektor perbankan. Salah satu penyebab sulitnya memperoleh kredit adalah karena keterbatasan dalam menyusun proposal pengajuan kredit. Untuk dapat diterima oleh bank, sebuah proposal kredit harus memenuhi faktor bankable (memenuhi syarat) dan feasible (layak). Kegiatan pengabdian masyarakat Program Studi Sarjana Terapan Keuangan dan Perbankan PNJ dilaksanakan di UMKM Center ITC Depok, bekerja sama dengan Asosiasi Usaha Kecil Kotamadya Depok. Kegiatan ini secara khusus bertujuan untuk melatih para pelaku UMKM dalam menyusun proposal pengajuan kredit yang baik. Kegiatan ini meliputi (1) pemaparan mengenai KUR dan Kredit Mikro di lembaga perbankan (2) Pemaparan materi mengenai persyaratan proposal kredit yang bankable dan feasible serta prosedur pengajuan kredit (3) pemaparan materi mengenai pembukuan sederhana untuk usaha kecil (4) Sharing mengenai permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di lapangan. Diharapkan dari kegiatan ini para pelaku UMKM Kota Depok dapat memiliki pengetahuan dasar mengenai penyusunan proposal kredit yang bankable dan feasible sebagai salah satu faktor diterimanya sebuah permohonan kredit, serta memiliki keberanian untuk mengajukan kredit di lembaga perbankan atau lembaga keuangan..

Kata Kunci: Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah, Bankable, Feasible, Proposal Kredit.


Full Text:

PDF

References


Deddy Edward Tanjung. (2007). Pentingnya Proposal Kredit Bagi UMKM. Retrieved from http://creditproposal-umkm.blogspot.co.id/2007/09/proposal-kredit.html

Daniel. (2010). Koperasi-UMKM Makassar sulit Buat Proposal Kredit. Retrieved from http://www.antarasulsel.com/berita/13126/koperasi-umkm-makassar-sulit-buat-proposal-kreditaniel. (2010).

Zulfadli. (2013) Feasible dan Bankable Kunci Sukses UMKM. Retrieved from http://www.okebana.com/2013/04/feasible-dan-bankable-kunci-sukses-umkm.html




DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v3i1.471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Novitasari Novitasari, Mia Andika Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Address:
Universitas Mohammad Husni Thamrin
Jl. Raya Pd. Gede No.23-25, RT.2/RW.1, Dukuh, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550

Creative Commons License
Jurnal Permberdayaan Komunitas Mohammad Husni Thamrin is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats